• Tue. Aug 11th, 2020

Tradisi “Toron”, Kapolres Bangkalan Monitoring Pos PAM di Pelabuhan Kamal

ByMoch Sumbri

Jul 31, 2020

Bangkalan, Madura || Gerbang News

Monitoring jalur mudik Hari Raya Idul Adha 1441 H yang dikenal sebagai tradisi “Toron” di pelabuhan Kamal dilaksanakan Kapolres Bangkalan bersama Danlanal Batupuron, Kodim dan Dinas Kesehatan, Kamis (30/07/2020) pukul 12.30 Wib.

Saat itu, AKBP Rama Samtama Putra, S.I.K., M.Si., M.H., beserta rombongan mengecek posko mudik dan pelayanan Covid-19 yang menerapkan SOP protokol kesehatan, serta menyemprotkan cairan disinfektan dan mengecek suhu tubuh para pemudik yang melewati jalur laut.

“Kita siapkan pos PAM untuk antisipasi, memonitor dan memantau arus mudik penumpang, terutama yang naik Fery dari Surabaya menuju Bangkalan,” tutur Rama, panggilan akrab Kapolres Bangkalan.

Rama menyampaikan, memang ada tradisi tidak jauh berbeda antara Idul Fitri dan Idul Adha. Dimana masyarakat pulau garam yang merantau pulang kampung.

“Dalam 3 hari ini, penumpang di pelabuhan mengalami peningkatan, termasuk hasil Cek Poin di Pos Suramadu ada peningkatan sekitar 5% dari hari biasanya,” jelas Kapolres Bangkalan.

Untuk itu, sambung Rama, telah dipersiapkan juga ruang observasi apabila terdapat penumpang yang suhu tubuhnya diatas 37 derajat diduga tertular virus corona.

“Kita akan tetap berlakukan pos PAM sampai H+5, ketika nanti warga Bangkalan akan kembali lagi menuju Surabaya,” pungkasnya. ( Pading )