A place where you need to follow for what happening in world cup

TPID Jatim Monitoring Pasokan dan Pengendalian Inflasi

0

Dinas Kominfo Jatim || Gerbang News

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jawa Timur menggelar rapat koordinasi teknis membas upaya memonitoring pasokan kebutuhan pokok masyarakat serta upaya pengendalian inflasi di Jatim. Hal ini sebagai langkah merespon kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang berlangsung 3-20 Juli 2021 mendatang. Rakor tersebut dihadiri oleh sembilan instansi anggota TPID Provinsi Jawa Timur.

“Pertemuan tersebut membahas risiko inflasi yang dapat terjadi sebagai dampak PPKM Darurat serta penyusunan rekomendasi kebijakan untuk memitigasi risiko inflasi Jawa Timur, ujar Kepala Divisi Implementasi Kekda Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Dadal Angkoro, Jumat (09/07/2021).

Rakor ini juga dihadiri oleh Biro Perekonomian Provinsi Jawa Timur, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Perum Bulog Divre Jawa Timur, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur dan Satgas Pangan Provinsi Jawa Timur.

Berdasarkan diskusi yang berlangsung secara virtual tersebut, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan dan Dinas Perdagangan sepakat menyampaikan bahwa ketersediaan pasokan komoditas pangan strategis Jawa Timur seperti beras, hortikultura, daging ayam dan telur ayam ras pada periode PPKM Darurat diperkirakan dalam kondisi aman dan terjaga.

Kondisi tersebut diperkuat dengan informasi Bulog Divre Jatim bahwa periode Juli-Agustus 2021 merupakan masa panen raya padi sehingga Bulog dapat melakukan penyerapan gabah. Selain beras, komoditas aneka cabai juga akan memasuki masa panen dimulai dari akhir Juli 2021.

Pasokan yang cukup juga diikuti oleh kelancaran distribusi komoditas strategis. Berdasarkan informasi Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, angkutan logistik pangan strategis mendapatkan keringanan persayaratan selama PPKM. Sesuai SE Menhub No.43/2021, angkutan logistik tidak mensyaratkan vaksin namun harus menunjukkan hasil rapid antigen negatif.

Kelancaran distribusi tersebut juga didukung oleh tim Satgas Pangan POLDA Jawa Timur. Kesulitan distribusi tabung oksigen yang sempat terjadi beberapa waktu lalu dapat diatasi dengan bantuan moda transportasi tim Satgas Pangan untuk distribusi tersebut. ( Syam )

Comments are closed.