A place where you need to follow for what happening in world cup

Taruna AAL Satlat KJK 2021 Sowan Walikota Jayapura

0 119

Pen AAL, KJK 2021 || Gerbang News

Pada persinggahannya dietape ketiga Kota Jayapura, Taruna Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Angkatan ke-68 yang tergabung dalam Satuan Latihan Kartika Jala Krida (Satlat KJK) 2021 didampingi Komandan KRI Bima Suci dan Palaklat KJK sowan dan silaturahmi ke Walikota Jayapura beberapa waktu lalu.

Komandan Satrol Lantamal X Letkol Laut (P) Khalimul Khakim, Komandan KRI Bima Suci sekaligus Dansatgas KJK 2021, Letkol Laut (P) Waluyo, Perwira Pelaksana Latihan Letkol Laut (P) Khairul Anwar dan lima Taruna AAL Tingkat III disambut hangat oleh Walikota Jayapura Dr. Benhur Tomi Mano, Wakil Walikota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, dan Sekda Kota Jayapura Dr. Frans Pikey, di ruang Rapat Walikota Jayapura.

Kepada orang nomor satu di Pemerintahan Kota Jayapura ini, Dansatgas KJK mengatakan bahwa Kapal Latih KRI Bima Suci bersama Satuan Latihan Kartika Jala Krida Tahun 2021 dalam pelayarannya keliling Indonesia dimaksudkan untuk menerapkan ilmu serta melatih kemampuan dan mengasah ketrampilan yang dimiliki oleh para Taruna AAL Tingkat III dimedan yang sesungguhnya.

“KRI Bima Suci diperuntukkan khusus melaksanakan pelatihan-pelatihan kepada Taruna AAL secara langsung di KRI sehingga membentuk Taruna yang memiliki karakter, mempromosikan TNI AL dan untuk memperkenalkan budaya Indonesia,” terang Letkol Waluyo.

“KRI Bima Suci dijadwalkan akan berlayar selama 99 hari keliling Nusantara ini tepatnya mulai hari Senin, 26 Juli 2021 sampai dengan 2 November 2021 dengan membawa 89 Taruna AAL,” sambungnya.

Sementara itu Walikota Jayapura mengawali sambutannya mengucapkan selamat datang dan rasa terima kasihnya kepada Komandan KRI Bima Suci dan para Taruna AAL ke Kota Jayapura.

“Atas nama pemerintah kota dan masyarakat Kota Jayapura mengucapkan selamat datang kepada Komandan KRI Bima Suci, Palaklat KJK dan adik-adik Taruna, semoga dalam pelayaran dan pengabdian menjaga NKRI dilindungi Tuhan Yang Maha Esa dan selalu sehat selama bekerja,” ucap Walikota Jayapura.

Di depan para Taruna, Benhur Tomi Mano juga menjelaskan sedikit pengetahuan tentang kota yang ia pimpin. Dijelaskannya bahwa Kota Jayapura merupakan Ibukota Provinsi Papua dan Kota Jayapura berbatasan dengan Papua New Guinea.

.

“Kota Jayapura merupakan Ibu Kota Provinsi Papua yang terletak di ujung timur Indonesia, Kota Jayapura terbagi menjadi 5 distrik, Terdapat 25 kelurahan dan 14 kampung, Penduduk Kota Jayapura 398.000 jiwa,” tambahnya.

.

Menurut Benhur, kehadiran para Taruna AAL ini memberikan motivasi kepada anak-anak Papua yang mau sekolah di AAL. Menurutnya pula banyak prestasi-prestasi yang diraih oleh anak-anak Papua yang dibina dalam Akademi Angkatan Laut yang sudah bertugas di TNI AL.

.

“Dan satu prestasi Adhi Makayasa AAL 66 yang diraih oleh seorang anak Papua, Always Tiris yang bapaknya adalah staf saya, seorang juru parkir di kota Jayapura dan saya menganggap bahwa orang Papua itu bisa, orang Papua itu mampu,” ucapnya dengan bangga.

.

Menurutnya pula dengan menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik pasti dia akan menjadi orang-orang yang hebat, orang-orang yang berprestasi di tanah ini.

.

“Dan dia akan kembali membangun negerinya sendiri nanti dia tetap akan mencintai NKRI, kita bekerja untuk NKRI dan kita pasti akan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya.

.

Di penghujung silaturahminya,  Komandan KRI Bima Suci sekaligus Dansatgas Kartika Jala Krida AAL 2021 Letkol Laut (P) Waluyo, SH,. M.Tr.Hanla., dan perwakilan Taruna AAL memberikan kenang-kenangan cindera mata kepada Wali Kota Jayapura berupa plakat dan topi kebanggaan KRI Bima Suci dan topi Taruna AAL. ( Kabagpen AAL Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos., / Galang ).  

Leave A Reply

Your email address will not be published.