A place where you need to follow for what happening in world cup

Lepas Kepenatan Disela Cuti Taruna, Pengasuh Resimen AAL Ikuti Outbound

0 57

Pen AAL, Surabaya || Gerbang News

Usai melepas keberangkatan Cuti Pendidikan Taruna di Lapangan Sambar Galang tadi pagi, para Pengasuh dijajaran Resimen Akademi Angkatan Laut (AAL) lanjut mengikuti Outbound selama dua hari, Kamis dan Jumat besok guna melepas kepenatan dan releks sejenak dengan gelaran outbound yang di sekitaran Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Kamis (23/12/2021).

Outbound yang dibuka Komandan Resimen AAL, Kolonel Laut (P) Arief Budiman mewakili Gubernur AAL, Mayjend TNI (Mar) Nur Alamsyah ini, digelar di Gedung Rekreasi Taruna AAL, Salahutu yang diikuti 115 Pengasuh dan anggota tetap dijajaran Resimen AAL.

Dalam kesempatan tersebut, Danmen juga mengingatkan kembali para Pengasuh dan stafnya tentang tugas Resimen, bahwa Resimen adalah unsur pelaksana AAL yang bertugas melaksanakan pendidikan dan pelatihan di bidang pengasuhan untuk membentuk dan menumbuh kembangkan kepribadian, kedisiplinan, kepemimpinan taruna AAL.

Program pengasuhan yang dilaksanakan oleh Resimen AAL ini lanjutnya, meliputi kegiatan kurikuler pengasuhan berupa pembinaan rohani, santiaji, santikarma, pembinaan tradisi dan sejarah TNI AL, ganjaran, P5T, dan pembinaan jasmani.

Kemudian kegiatan pengasuhan yang diprogramkan meliputi temu muka orang tua, wajib kunjung, pekan olah raga, beladiri wajib karate, genderang suling, brass band, dansa, bahasa asing, malam akrab, kegiatan ilmiah, protokoler, kunjungan taruna, etiket makan, sertijab Menkortar, apel, gerak jalan Mojosuro, Week End Laut, penutupan pendidikan dan Prasetya Perwira.

Banyaknya kegiatan pengasuhan tersebut, tentunya telah menguras perhatian dalam pelaksanaannya, sehinga diperlukan waktu tersendiri untuk merefresh kembali para pengasuh dan staf resimen untuk membuat formulasi baru dalam pelaksanaan pola pengasuhan agar lebih efektif dan tepat sasaran, salah satunya melalui media outbound.

Kegiatan outbound terangnya, menggambarkan sebuah kegiatan di luar ruangan yang secara teoritis, dapat dikatakan sebagai suatu bentuk dari pembelajaran segala ilmu terapan yang disimulasikan dan dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk permainan yang efektif menggabungkan antara intelegensia, fisik dan mental.

Tujuan gelaran outbound bagi para pengasuh dan staf Resimen disela Taruna AAL menjalankan Cuti Pendidilkan ini lanjut Danmen, ditujukan untuk membangun team building yakni peningkatan hubungan kerjasama, solid, sinergi dan kekompakan tim atau kelompok.

Selain itu ditujukan pula untuk membangun team work, komunikasi, leadhersip, konsentrasi, kreatifitas, strategi planning, analisa, dan convidence. Danmen Berharap dengan acara yang digelar lebih dekat dengan alam ini bisa memberikan manfaat positif bagi para pengasuh ini untuk lebih fress dalam mengasuh taruna AAL di tahun 2022 mendatang.

Kemanfaatan dari pelaksanaan outbound yang diharapkan diantaranya semakin tenjalin silahturahmi antara pengasuh, melepas penat atau kejenuhan rutinitas, mendapatkan ilmu dari materi yang disisipkan dalam permainan outbound, lebih mengenal lingkungan, membangun kepercayaan diri dan mampu menganalisa kemampuan seseorang untuk keperluan manajemen. ( Kabagpen AAL Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos., / Galang ).

Leave A Reply

Your email address will not be published.