A place where you need to follow for what happening in world cup

Agustus 2021, Kelompok Volatile Food Deflasi 0,64 Persen

0 2

Dinas Kominfo Jatim || Gerbang News

Bank Indonesia (BI) mencatat, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa pada pada Agustus 2021, kelompok volatile food atau bahan makanan mengalami deflasi 0,64% (mtm) setelah pada bulan sebelumnya tercatat inflasi 0,14% (mtm).

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, perkembangan tersebut, terutama didorong oleh penurunan harga komoditas aneka hortikultura, sayur-mayur, dan daging ayam ras seiring terjaganya pasokan yang didukung panen di berbagai daerah sentra produksi.

Deflasi yang lebih dalam tertahan oleh inflasi komoditas minyak goreng seiring dengan kenaikan harga crude palm oil (CPO) global.

“Secara tahunan, inflasi kelompok volatile food sebesar 3,80% (yoy) meningkat dari inflasi bulan sebelumnya sebesar 2,97% (yoy),” ujar Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam rilisnya, Jumat (03/09/2021).

Sementara kelompok administered prices pada Agustus 2021 mencatat inflasi sebesar 0,02% (mtm), melambat dibandingkan 0,05% (mtm) pada bulan sebelumnya.

Perkembangan tersebut terutama dipengaruhi oleh tarif angkutan, khususnya angkutan udara, yang mengalami deflasi seiring mobilitas udara yang masih terbatas.

Sedangkan perlambatan inflasi administered prices lebih lanjut tertahan oleh inflasi komoditas rokok kretek filter seiring transmisi cukai tembakau.

“Secara tahunan, kelompok administered prices mengalami inflasi sebesar 0,65% (yoy), lebih tinggi dari inflasi bulan sebelumnya sebesar 0,61% (yoy),” pungkasnya. ( Syam )

Leave A Reply

Your email address will not be published.