A place where you need to follow for what happening in world cup

Taruna AAL Tingkat lV Jalani Latihan Praktek Kepemimpinan I

0 6

Pen AAL, Surabaya || Gerbang News

Mengawali Semester Ganjil TA.2021 ini, Taruna Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) Tingkat lV Angkatan Ke-67 mengikuti Latihan Praktek Kepemimpinan l yang dibuka Kepala Departemen AAL Letkol Marinir Rajiman, M.Tr. Hanla mewakili Gubernur AAL Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han) di Indoor Sport Jala Krida Raga, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Senin (09/08/2021).

Menurut Kadeppim AAL, Lattek Kepemimpinan 1 yang diikuti 106 Taruna tingkat akhir ini diagendakan berlangsung selama sepekan dari 9-13 Agustus 2021 dengan lokasi pelaksanaan di dalam lingkungan kesatrian Bumimoro, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Tujuan dari pelaksanaan Lattek Kepemimpinan ini, lanjut Kadeppim, untuk membekali pengetahuan dan keterampilan kepada Taruna tingkat akhir melalui pengembangan karakter individu, kelompok, pembangunan tim dan pengembangan kerjasama antar kelompok.

Lattek ini, tambahnya, juga untuk menumbuhkan dan membangun kepercayaan diri, motivasi diri, kejujuran dan keberanian dalam mengembangkan jiwa kepemimpinan para Taruna AAL yang dipersiapkan menjadi pemimpin TNI/TNI AL kedepan yang handal dan profesional.

Dalam Lattek ini, imbuhnya, tentu ada sasaran yang ingin dicapai, yaitu tercapainya pengembangan sikap kepemimpinan, khususnya aspek kemampuan mengendalikan diri, antusiasme yang tinggi, objektifitas menyatakan pendapat dan keteladanan dalam perilaku.

Kemudian para Taruna diharapkan mencapai sikap, percaya diri dan penghargaan terhadap orang lain, tercapainya keterampilan komunikasi dan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat, serta tercapainya keterampilan berpikir sistematis.

Hal ini, lanjutnya, sejalan dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL  yang unggul.

Untuk itu, dalam sepekan kedepan ini, para taruna akan mendapatkan berbagai materi Lattek. Diantaranya Self Leadership (Tipologi dan Johari Window), Outdoor Exercise  berupa Target & strategi, Traffic Jam, Building House, Billyard 5, Collect poin (cad) dihari pertama.

Kemudaian dihari kedua akan mendapatkan Manajemen Kinerja dan SK, Manajemen Tugas dan SK, Manajemen Manusia dan SK, Debrief & Evaluasi Giat. Setelah itu di hari hari ketiga bermain Adversity Quotion & Role Model, Role Playing, Debrief dan evaluasi giat. Sedangkan di hari terakhir akan mendapat materi Anti Korupsi dan Gratifikasi, Pengumuman Kelompok terbaik dan Closing Statement. ( Kabagpen AAL Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos., / Syam )

Leave A Reply

Your email address will not be published.