A place where you need to follow for what happening in world cup

Taruna AAL Berlatih Beladiri Karate, Bagun Karakter Perwira TNI AL Tangguh dan Rendah Hati

0 2

Pen AAL, Surabaya || Gerbang News

Dalam upaya menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh di masa pandemi covid-19 saat ini, Taruna Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) diwajibkan Gubernur AAL, Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han)., untuk berlatih beladiri Karate guna membangun karakter perwira TNI AL yang  tangguh, pejuang, percaya diri, pantang menyerah dan rendah hati.

Seperti yang terlihat pagi ini, sebanyak 107 Taruna AAL Tingkat IV Angkatan ke-67 melaksanakan latihan di Indoor Sport dan 132 taruna AAL Tingkat II Angkatan ke-69 melaksanakan latihan karate di Lapangan Banda, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Rabu (25/8/2021).

Menurut Gubernur AAL, manfaat olahraga bela diri secara umum lanjutnya, diantaranya tubuh lebih bugar. Latihan ini dapat membakar kalori sehingga berat badan dapat terkontrol, menyehatkan jantung, meningkatkan stamina, serta memperkuat kekuatan otot dan tulang bila dilakukan secara tepat.

Kemudian melatih kemampuan motorik, mampu membela diri dari ancaman yang datang secara mandiri, meningkatkan disiplin dan komitmen, percaya diri dalam pergaulan dan berinteraksi, mengontrol emosi lebih baik dan mengurangi stres.

Instruksi latihan Karate bagi Taruna AAL ini, dilaksanakan pada setiap Selasa, Rabu dan Kamis  mulai pukul 07.00 – 08.00 WIB sebelum mengikuti pelajaran kelas masing-masing.

107 Taruna AAL Tingkat IV Angkatan ke-67 di bawah asuhan pelatih Mayor Efendi (DAN 1) dan Serda Kuswoyo (DAN 4), sedangkan 132 taruna AAL Tingkat II Angkatan ke-69 di bawah asuhan pelatih Kapten Janoto (DAN 5) dan Serda Dodot (DAN 1)

“Bagi taruna Tingkat lll Angkatan ke-68, belum melaksanakan latihan karena masih melaksanakan Latihan Kartika Jala Krida keliling nusantara. Khusus untuk Taruna yang mengikuti Yanus (Kelompok hobi olahraga) Karate sendiri, dilaksanakan pada hari Senin dan Kamis sore,” terang Gubernur AAL.

Menurut orang nomor satu di AAL ini, meski kerap dikaitkan dengan kekerasan, olahraga bela diri sebenarnya menyimpan segudang manfaat, terutama bagi para Taruna sebagai calon calon perwira, pemimpin TNI/TNI AL kedepan yang tanggap, tanggon dan trengginas.

Adapun kegiatan ini dimaksudkan bertujuan untuk tetap menjaga mental dan pembinaan fisik para taruna agar tetap prima, olahraga beladiri ini juga untuk meningkatkan konsentrasi dan rasa percaya diri calon perwira TNI AL, disamping latihan ini berguna untuk membentuk karakter perwira yang tangguh dan rendah hati dimanapun ditugaskan. ( Kabagpen AAL Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos., / Galang ). 

Leave A Reply

Your email address will not be published.