A place where you need to follow for what happening in world cup

Sinergitas Polres Jombang Persiapkan Ratusan Personil Amankan Natal dan Tahun Baru

0 22

Jombang, Jawa Timur || Gerbang News

Kepolisian Resor (Polres) Jombang bersinergi dengan instansi terkait siap melaksanakan pengamanan perayaan natal 2022 dan tahun baru 2023 di wilayah Jawa Timur.

Itulah tajuk pada apel gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2022 di lapangan Polres Jombang dalam rangka pengamanan peringatan hari Natal 2022 dan tahun baru 2023.

Apel dipimpin wakil bupati Jombang, Sumrambah didampingi Kapolres Jombang AKBP Moh. Nurhidayat dan Dandim 0814 Jombang, Letkol Inf Muhammad Hanafi dan Dansat radar 222 Kabuh Letkol Lek Yudi Amrizal.

Personel gabungan dari Kodim 0814 Jombang, Polres Jombang, Satpol PP, Dishub, BPBD, dan Ormas terdiri-dari Banser, Senkom mitra Polri, RAPI serta ORARI mengikuti apel tersebut, Kamis (22/12/2022).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Jombang mengatakan Operasi Lilin adalah Operasi kemanusiaan pengamanan natal dan tahun baru yang dilaksanakan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat, khususnya bagi umat kristiani saat menjalankan ibadah natal.

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk memastikan kesiapsiagaan baik personil maupun sarana prasarana peralatan pengamanan, soliditas unsur terkait seperti TNI, Pemkab dan mitra kamtibmas lainnyayang dilibatkan . serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merasakan Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Menurut Sumrambah, beberapa hal yang harus diperhatikan terkait kesiapan pengamanan natal 2022 dan tahun baru 2023 di Wilayah Jombang. Yakni bahwa sampai saat ini Pemerintah pusat belum mencabut status pandemi covid 19 dan masih memberlakukan PPKM.

“Maka protokol kesehatan dan peningkatan vaksinasi Boster untuk lansia perlu ditingkatkan,” kata Sumrambah.

Terkait dengan peringatan Natal, dikatakan dia, pasti akan ada arus pergerakan mudik atau semacamnyadan mungkin berlibur sekalian tahun baru. Maka pergerakan massa ini tentu harus memperhatikan hal yang berkaitan dengan Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan.

“Tentu ini nanti harus mendapatkan perhatian dari BPBD dan Dinas Kesehatan untuk menyiapkan personelnya,” ujarnya.

Disampaikan Sumrambah, perlu kerjasama yang bagus antar instansi untuk membantu dan berpartisipasi agar tetap terpelihara ketertiban dan keamanan di wilayah Jombang.

Karena, kata Sumrambah, terpeliharanya Kamtibmas merupakan tanggungjawab bersama, bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah dan TNI polri semata.

“Sehingga dengan demikian diharapkan semua kegiatan masyarakat berkaitan dengan perayaan natal dan tahun baru 2023 dapat dilaksanakan dengan khidmat dan harmonis,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Jombang AKBP Moh. Nurhidayat mengatakan, dalam mengamankan natal 2022 dan tahun baru 2023 , Polres Jombang menyiapkan sebanyak 424 personel yang terdiri 236 Polri dan 188 instansi samping.

“Personel kita sebar di sejumlah titik, di antaranya di 86 gereja di wilayah Jombang yang akan melaksanakan ibadah natal, Pos Pelayanan yang terletak di Pos Kota (Simpang empat Jl. KH. Wakhid Hasyim) dan pos pengamanan antara lain Exit Tol Tembelang, Exit tol Bandar Kedungmulyo, Rest area 678 A, Res Area 678 B dan RTH Mojoagung,” ujar AKBP Nurhidayat. ( Syam )

Leave A Reply

Your email address will not be published.