A place where you need to follow for what happening in world cup

Polres Jember Berhasil Ungkap Komplotan Curanmor, 4 Pelaku Diamankan

0 22

Polres Jember, Polda Jatim || Gerbang News

Jajaran Satreskrim Polres Jember pada Jum’at, tanggal 4 Agustus 2023, berhasil menangkap komplotan pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang selama ini sering beraksi di kawasan kampus dan beberapa tempat lainnya di Kabupaten Jember.

Dari ungkap kasus tersebut, ada 4 tersangka diamankan Polres Jember. Mereka adalah NS (33) HF (36), FD (39) dan AR (24) yang semuanya adalah warga asal Kecamatan Sumberbaru Jember.

Sementara itu, satu terduga pelaku berinisial DH warga asal Kabupaten Lumajang, dinyatakan DPO (Daftar Pencarian Orang).

Wakapolres Jember Kompol Hendry Ibnu, Senin (07/08/2023), dalam keterangan persnya menyatakan, bahwa terungkapnya komplotan curanmor yang selama ini sering beraksi di kawasan kampus, bermula tertangkapnya Hafid terlebih dahulu.

Dari pemeriksaan yang dilakukan terhadap HF, Polisi berhasil mengamankan 1 unit sepeda motor Honda Scoopy nopol S-6193-JAF.

“Saat dilakukan pemeriksaan terhadap HF dan dikembangkan oleh Satreskrim, diketahui jika motor curian tersebut ia peroleh dari RF,” ujar Wakapolres.

Kemudian polisi melakukan penangkapan terhadap RF dan dari rumah RF Polisi berhasil menemukan beberapa unit sepeda motor yang tidak dilengkapi surat-surat.

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap RF, ternyata, unit sepeda motor tersebut didapat dari penjualan yang dilakukan oleh NS, FD dan DH (DPO).

“Dari dua penadah tersebut, kami akhirnya berhasil mengamankan pelakunya. Ada 3 pelaku yang berperan sebagai ekskutor, namun 1 pelaku dengan inisial DH asal Kabupaten Lumajang saat ini kami nyatakan DPO,” beber Wakapolres.

Sementara modus yang dilakukan pelaku dalam menjalankan aksinya, Wakapolres menyebutkan, jika pelaku saat beraksi dengan cara merusak pintu rumah maupun tempat kos para korbannya, dan membawa sepeda motornya dengan menggunakan kunci T.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, polisi menjerat 4 pelaku yang sudah diamankan dengan Pasal 363 KUHP dan Pasal 480 KUHP.

“Untuk Eksekurtornya kami jerat dengan Pasal 363 KUHP, dengan ancamannya 7 tahun penjara. Sedangkan untuk penadahnya kami jerat Pasal 480 KUHP, dengan ancaman 4 tahun penjara,” pungkas Wakapolres.

( Redaksi )

Leave A Reply

Your email address will not be published.