A place where you need to follow for what happening in world cup

Peringatan Hari Pahlawan di KBRI Bandar Seri Begawan : Sederhana, Tetapi Khidmat

0 31

KBRI Bandar Seri Begawan || Gerbang News

Pada hari Kamis, 10 November 2022, Kedutaan Besar Republik Indonesia Bandar Seri Begawan (KBRI BSB) telah melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Duta Besar Republik Indonesia untuk Brunei Darussalam, Dr Sujatmiko, dan Komandan Upacara Mayor Caj. Tinton Kurniawan, Asisten Atase Pertahanan KBRI BSB. Upacara diikuti oleh seluruh staf KBRI BSB, Dharma Wanita Persatuan KBRI BSB, dan perwakilan dari berbagai komunitas / masyarakat dan para pelajar Indonesia yang berada di Brunei Darussalam.

Pada upacara tersebut, dibacakan pesan-pesan perjuangan pahlawan nasional seperti dari Abdul Muis (Pahlawan Kemerdekaan Asal Sumatera Barat), Tjut Nyak Dien (Pahlawan Kemerdekaan Asal Aceh), dan  Kapitan Pattimura (Pahlawan Kemerdekaan Asal Maluku), serta  Jenderal Sudirman dan Bung Tomo (keduanya Pahlawan Nasional dan Pemimpin Militer Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia). Pembacaan pesan tersebut untuk menumbuhkan kembali semangat perjuangan membangun bangsa dan meresapi nilai – nilai yang diajarkan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Saat ini kondisi sudah sangat berbeda jika dibandingkan dengan situasi para pahlawan dahulu. Walaupun demikian konteksnya akan tetap sama, bahwa perjuangan tidak akan pernah berhenti dalam upaya mensejahterahkan bangsa Indonesia”, ujar Dubes Sujatmiko. Meskipun dilangsungkan secara sederhana, upacara tetap terasa khidmat dan juga berjalan tertib serta lancar
Dalam sambutannya, Dubes Sujatmiko menyampaikan bahwa Hari Pahlawan sekiranya tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 November saja, namun seharusnya lebih dari pada hanya sebagai peringatan rutin tiap tahunnya. Peringatan Hari Pahlawan adalah untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan, dan perjuangannya dalam mempertahankan kemerdekaan, disamping untuk membangun ingatan kolektif yang kemudian dapat menggerakkan kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

Peringatan Hari Pahlawan seyogianya juga untuk menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan. Dengan semangat kepahlawanan tersebut, diharapkan tergerak hatinya untuk turut serta dalam membangun Indonesia, sesuai dengan potensi dan profesinya masing-masing. Hal itu sesuai dengan tema Hari Pahlawan Tahun 2022 “PAHLAWANKU TELADANKU”.

Tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan pada tahun 1959 oleh Presiden Pertama Indonesia, Ir. Sokearno. Pemilihan tanggal tersebut merupakan sebagai bentuk penghormatan peristiwa bersejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia yaitu Pertempuran Surabaya 10 November 1945 dan juga untuk mengenang jasa para pahlawan.(Galang)

Leave A Reply

Your email address will not be published.