A place where you need to follow for what happening in world cup

KBRI Bandar Seri Begawan Lakukan Layanan Terpadu WNI/PMI di Kuala Belait, Brunei Darussalam  

0 77

KBRI Bandar Seri Begawan || Gerbang News

Kuala Belait – Lebih dari 100 orang WNI/PMI di kota Kuala Belait, Brunei Darussalam meramaikan acara “Pelayanan Kekonsuleran, Keimigrasian, dan Ketenagakerjaan”, tanggal 10-11 Juni 2023, di V-Plaza Hotel Kuala Belait. Pelayanan ini dilakukan KBRI Bandar Seri Begawan untuk membantu WNI/PMI yang memerlukan pelayanan di bidang kekonsuleran, keimigrasian, maupun ketenagakerjaan. “Pelayanan terpadu semacam ini adalah upaya jemput bola yang kami lakukan untuk menjangkau WNI/PMI lebih luas lagi”, ujar Irwan Iding, Kuasa Usaha ad interim KBRI BSB yang hadir untuk memantau pelayanan tersebut.
 
Selain pelayanan terpadu, KBRI BSB juga memberikan penyuluhan dan sosialisasi di bidang konsuler, hukum, dan ketenagakerjaan kepada WNI/PMI di Kuala Belait. Sosialisasi dibuka oleh Irwan Iding, Kuasa Usaha a.i. dan dilanjutkan diskusi dengan  narasumber adalah Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler, Atase Ketenagakerjaan KBRI BSB, Perwakilan Bank Rakyat Indonesia di Brunei dan pengacara dari Yusof Halim & Partner, firma hukum di Brunei yang menjadi mitra  KBRI BSB dalam menyelesaikan kasus-kasus yang melibatkan PMI.
“Sosialisasi ini sangat penting, terutama bagi teman-teman PMI agar memahami prosedur dan hukum yang berlaku di Brunei. Tujuannya agar tidak ada lagi teman-teman PMI yang terkena masalah hukum di Brunei ini”, pungkas Irwan Iding.
 
Kegiatan pelayanan terpadu di luar kota seperti ini merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh KBRI Bandar Seri Begawan. Upaya jemput bola ini sangat dirasa keuntungannya oleh WNI/PMI yang tidak memiliki keleluasaan waktu untuk melakukan pengurusan dokumen ke KBRI Bandar Seri Begawan. “Kami yang jauh dari Bandar (Seri Begawan) ini sangat terbantu dengan adanya pelayanan seperti ini. Sebaiknya KBRI melakukannya tiga bulan sekali”, usul Rita, seorang PMI asal Kuala Belait.
 
Kota Kuala Belait terletak sekitar 115 km sebelah barat dari Bandar Seri Begawan. Terdapat sebanyak 4.216 orang WNI/PMI yang tinggal dan bekerja di Kuala Belait dan sekitarnya sebagai buruh, pekerja domestik, pelayan restoran, mekanik bengkel, pelaut, dan pekerja profesional di bidang migas.
 
Kegiatan pelayanan terpadu ini juga dimanfaatkan oleh Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) dan Panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri (Panwaslu) Brunei Darussalam dengan memberikan sosialisasi mengenai Pilpres dan Pileg yang akan diselenggarakan tanggal 14 Februari 2024. PPLN menghimbau WNI/PMI yang hadir untuk segera mendaftar sebagai peserta Pemilu, bagi yang belum, dan memutakhirkan datanya, bagi yang sudah mendaftar. Sementara Panwaslu mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengawasi pelaksanaan Pemilu yang luber dan jurdil.(Galang)

Leave A Reply

Your email address will not be published.