A place where you need to follow for what happening in world cup

Inisiatif Prajurit HABEMA Tolong Tarik Mobil Warga Terperosok di Mamba

0 20

Intan Jaya, Papua || Gerbang News

Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) Raider 509/Balawara Yudha Kostrad bagian dari Komando Operasi TNI (KOOPS TNI) HABEMA tengah melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Opspamtas) Mobil RI-PNG, khususnya di wilayah Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah.

Pada hari Minggu, tanggal 30 Juni 2024, terjadi sebuah insiden di dekat Pos Satgas Yonif 509 Kostrad, tepatnya di Kampung Mamba, Distrik Sugapa. Sebuah kendaraan jenis truk pick-up milik warga Mamba terperosok di pinggir jalan raya Kampung Mamba.

Dengan sigap dan penuh dedikasi, para prajurit TNI yang berada di pos segera bergerak membantu proses penarikan kendaraan.

Komandan Satgas Yonif 509 Kostrad Letkol Inf Dian Dessiawan Setyadi telah menekankan kepada para Prajurit, bahwa membantu kesulitan masyarakat setempat merupakan bagian dari upaya mewujudkan situasi Papua yang aman dan damai.

Oleh karenanya, saat insiden terperosoknya kendaraan terjadi di hari Minggu pagi tersebut, para Prajurit TNI langsung bergerak mengerahkan tenaga ahli kendaraan di dalam Pos Mamba serta kendaraan Rantis yang memiliki perlengkapan penarik kendaraan.

Insiden terperosoknya kendaraan ini bermula dari situasi hujan deras yang mengguyur wilayah Mamba sejak Sabtu malam dan baru reda di pagi hari Minggu.

Kendaraan milik Bapak Samuel Turnib tengah melaju keluar rumahnya membawa sayur mayur hasil panen yang akan dibawa ke Pasar Sugapa. Akibat hujan deras semalaman, kondisi jalan yang relatif licin telah mengakibatkan roda ban mobil Bapak Samuel tergelincir hingga terperosok masuk pinggir jalan.

Dengan tetap mengedepankan aspek pengamanan, para Prajurit Satgas Yonif 509 Kostrad yang telah ditugasi membantu menarik kendaraan segera beraksi memasang tali penarik ke bagian kendaraan Bapak Samuel.

Akhirnya, dengan waktu yang tidak terlalu lama, para Prajurit berhasil menarik kendaraan keluar dari pinggir jalan. Sebagai ucapan terima kasih, Bapak Samuel Turnib, menyampaikan. “Terima kasih banyak Bapak-Bapak Tentara. Mobil saya berhasil ditarik dan saya bisa ke Pasar Sugapa untuk menjual sayuran hasil panen.”

“Inisiatif Satgas Yonif 509 Kostrad membantu warga Mamba merupakan bentuk kepedulian TNI dalam mendukung upaya percepatan pembangunan di wilayah Papua,” ungkap Panglima KOOPS HABEMA, Brigjen TNI Lucky Avianto, pasca menerima laporan pelaksanaan kegiatan.

Sumber : Dansatgas Media KOOPS HABEMA Letkol Arh Yogi Nugroho

Leave A Reply

Your email address will not be published.