A place where you need to follow for what happening in world cup

Taruna AAL Tingkat lV Terima Sosialisasi Tugas Diplomasi TNI AL

0 2

Pen AAL, Surabaya || Gerbang News

107 Taruna Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) Tingkat lV Angkatan ke-67 mengikuti Sosialisasi Tugas Diplomasi TNI AL dari Direktorat Kerjasama Internasional (Dikersin), Kementerian Pertahanan Republik Indonesia yang digelar di Gedung Mas Pardi Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Kamis (26/8/2021).

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber utama Dirkersin Han Kemhan RI, Brigjen TNI J. Binsar Parluhutan Sianipar, S.E., Kapuskersin TNI, Laksma TNI R. Teguh Isgunanto, M.A., dan Paban V Sopsal, Kolonel Laut (P) Bambang Dharmawan.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.Tr (Han), Wagub AAL, Laksma TNI Rudhi Aviantara, S.E., M.Si., M.Tr (Han), Seklem AAL, Laksma TNI Syamsul Rizal, S.E., M.M dan para Pejabat Utama AAL lainnya.

Gubernur AAL menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para narasumber atas kesediaannya hadir untuk memberikan sosialisasi tentang Diplomasi TNI AL kepada Taruna AAL Tingkat lV.

Menurut Gubernur AAL, lndonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Hal tersebut telah memperkuat cara pandang bangsa lndonesia sebagai bangsa yang harus selalu siap untuk menjaga stabilitas pertahanan maupun keamanan NKRI.

Keutuhan wilayah terangnya, merupakan hal yang mutlak untuk dipertahankan demi tetap tegaknya NKRI. Guna menjaga kepentingan tersebut, perlu adanya kebijakan politik luar negeri yang diwujudkan dalam bentuk diplomasi.

Menurut undang – undang No : 34 tahun 2004 tentang TNI pasal 9 menyebutkan bahwa, salah satu tugas TNI AL adalah melaksanakan tugas diplomasi  Angkatan Laut dalam rangka mendukung kebijakan politik luar negeri yang ditetapkan oleh pemerintah, sehingga TNI AL sebagai institusi pertahanan negara memiliki tiga peran yaitu Peran Militer, Peran Polisionil dan Peran Diplomasi.

Peran diplomasi yang dilaksanakan TNI AL tersebut, merupakan segala kebijakan luar negeri dengan menggunakan kekuatan Angkatan Laut yang bertujuan untuk mengoptimalkan potensi kelautan guna memenuhi kepentingan maritim nasional sesuai dengan ketentuan hukum internasional yang telah diratifikasi.

Kepada seluruh Taruna AAL Tingkat IV Angkatan ke-67, Gubernur memerintahkan  untuk mengikuti, memperhatikan, menyimak acara sosialisasi dengan serius dan sungguh-sungguh materi  yang disampaikan oleh para narasumber.

“Tanyakan  sebanyak-banyaknya apa yang belum kalian ketahui dan pahami karena akan berguna sebagai bekal ilmu dalam kedinasan nantinya,” pungkasnya. ( Kabagpen AAL Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos., / Galang ). 

Leave A Reply

Your email address will not be published.