A place where you need to follow for what happening in world cup

Polres Trenggalek Gelar Pelatihan TPTKP Lakalantas Sukseskan Operasi Keselamatan Semeru 2023

0 44

Polres Trenggalek, Polda Jatim || Gerbang News

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Trenggalek menggelar pelatihan olah TKP dan penanganan kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) bagi anggotanya. Pelatihan yang dimotori oleh unit Gakkum ini diikuti oleh puluhan anggota Satlantas Polres Trenggalek, Rabu (08/02/2023).

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K., melalui Kasatlantas AKP Yudiyono, S.H. yang memimpin sekaligus sebagai instruktur kegiatan tersebut mengatakan, pelatihan ini merupakan bagian dari upaya jajarannya dalam mensukseskan dan mendukung Operasi Keselamatan Semeru 2023.

“Salah satu tujuan dari Operasi Keselamatan Semeru 2023 adalah menekan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas. Selain tindakan preemtif dan preventif, kita persiapkan juga penanganan yang efektif dan mampu mengurangi tingkat fatalitas korban kecelakaan,” jelas AKP Yudiyono.

Dalam pelatihan tersebut, disimulasikan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan dua sepeda motor. Hal ini bukan tanpa sebab mengingat berdasarkan hasil evaluasi, kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Trenggalek didominasi oleh kendaraan ruda dua.

Beberapa hal yang menjadi penekanan diantaranya adalah kecepatan mendatangi TKP, posisi kendaraan dinas ketika datang dan mengamankan TKP, penempatan traffic cone dan pengaturan lalu lintas.

Bukan itu saja, bagaimana proses evakuasi Korban dan kendaraan yang terlibat kecelakaan, penandaan pada key point dan titik korban maupun kendaraan, PPGD dasar ketika di lokasi jauh dari jangkauan tim medis serta pengumpulan data informasi paska evakuasi di TKP juga menjadi perhatian.

“Harapan kita tentunya dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat tentang tertib berlalu lintas selaras dengan semakin turunnya angka kecelakaan. Demikian juga dengan petugas, dengan pelatihan ini semakin kompeten dan professional,” pungkasnya.

( Redaksi )

Leave A Reply

Your email address will not be published.