A place where you need to follow for what happening in world cup

Perpanjangan PPKM Mikro di Jawa Timur Diharapkan Tekan Angka Covid-19

129

Dinas Kominfo Jatim || Gerbang News

Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Agus Setiawan mengharapkan perpanjangan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro tahap tiga di Jatim dapat menekan angka Covid 19 lebih baik lagi, yaitu menjadi zona hijau semua.

Hal itu disampaikannya dalam rapat evaluasi PPKM tahap dua bersama 38 kabupaten/kota di Jatim secara zoom, pada hari Selasa (09/03/2021).

Menurutnya, perpanjangan PPKM ini oleh pemerintah berdasarkan surat perpanjangan kembali sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19. Instruksi terbit pada Kamis (04/03), tetapi efektif berlaku mulai Selasa (09/03) hingga 22 Maret 2021.

“Secara umum, PPKM ini berdampak cukup efektif melakukan penyebaran atau menekan angka Covid-19, terutama di Jatim. Bahkan secara nasional untuk PPKM mikro diberlakukan juga sekarang menjadi 10 Provinsi,” ujarnya.

Lebih lanjut, untuk evaluasi Korwil 1 Madiun raya untuk PPKM Mikro pelaksanaanya I dan II berjalan dengan baik, yaitu ada pengurangan zona kuning menjadi Hijau di wilayah korwil I Madiun Raya. Dan ada pengurangan kasus dan penyembuhan banyak, serta kematian turun.

“Kami minta kepada Forkompimda untuk tetap solid dan bersama-sama menekan angka covid-19 di perpanjangan PPKM tahap III ini,” harapnya.

Sementara itu, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono berharap kepada Bupati dan Forkompimda di korwil 1 Madiun tetap solid dan kompak dalam melaksanakan PPKM Mikro tahap tiga ini yang dimulai berlakukan 8 maret – 22 maret 2021 mendatang.

“Perpanjangan PPKM mikro ini diberlakukan agar awal puasa ramadhan ini angka covid-19 bisa dikendalikan. Sekali lagi, jaga kekompakan antar forkompimda yang sudah bagus dalam pelaksanaan PPKM tahap 1 dan II,” pintanya.

Sementara itu, Bupati Madiun Ahmad Dawami mengatakan, pemberlakukan PPKM mikro tahap I dan II membuat tingkat kedisiplinan masyarakat Kabupaten Madiun terhadap protokol kesehatan juga semakin tinggi dan angka kasus positif covid-19 serta angka kematian terus menurun.

“Maka dari itu, Kabupaten Madiun siap melaksanakan tahapan PPKM Mikro tahap ketiga mulai 8 Maret – 22 Maret 2021 yang akan ditindaklanjuti dengan surat Bupati,” ujarnya.

Disisi lain, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengatakan, jika Kabupaten Ponorogo siap melaksanakan PPKM mikro tahap III yang dilaksanakan pada 8 maret – 22 Maret 2021. Sugiri akan merumuskan langkah-langkah konkrit yang diambil bersama Forkopimda selama perpanjangan PPKM Mikro ini.

“Kami ingin covid segera sirna. Protokol Kesehatan tetap ketat, tapi ekonomi jalan,” jelasnya.
“Tugas kami tidak hanya soal covid saja, tapi juga membangkitkan pertumbuhan ekonomi disela-sela pandemi seperti ini,” paparnya.

Ia juga menambahkan, untuk menekan angka covid 19 di Ponorogo ditahap PPKM III akan dilakukan atau pembentukan satgas ditingkat RW dan RT. Hal ini agar ponorogo bisa masuk pada zona Hijau di awal puasa nanti. ( Syam )

Comments are closed.