A place where you need to follow for what happening in world cup

Pengusaha Muda Diajak Wagub Jatim Tingkatkan Kreativitas dan Inovasi

0

Dinas Kominfo Jatim || Gerbang News

Wakil Gubernur Jawa Timur (Wagub Jatim) Emil Elestianto Dardak mengajak pengusaha muda meningkatkan kreativitas dan inovasi sehingga bisa menciptakan peluang mengembangkan usahanya.

“Dalam dunia usaha kreatif dan inovatif itu penting, tidak sekadar ingin meniru tren, tapi berfikir panjang tentang usahanya menciptakan ide-ide baru yang menarik sehingga bisa diterima pasar,” kata Wagub Emil saat Roadshow Mencari Perwira di East Java Super Corridor (EJSC) Bakorwil Jember, Selasa (15/06/2021).

Dikatakan Emil, dipilihnya Jember sebagai lokasi Roadshow setelah Surabaya, Gresik, Malang, Bojonegoro, Ngawi, Madiun karena Jember memiliki banyak potensi usaha besar.

“Banyak pengusaha muda muncul dari wilayah Jember. Pemprov punya Bakorwil, sehingga koordinasi wilayah tapal kuda bisa terjalin,” katanya.

Selain ide kreatif dan inovatif, Wagub juga mengajak pengusaha muda meningkatkan nilai tambah sebuah produk yang akan di produksi.

“Kalau keduanya berjalan dengan baik, nantinya akan ada deferensiasi produk satu dengan yang lainnya. Sehingga akan muncul nilai tambah tersendiri,” sebut Wagub Emil.

Wagub menjelaskan, bagaimana mentalitas dalam berwirausaha harus dimiliki setiap individu. Sehingga, usahawan muda dapat memiliki mindset dan mentalitas pengusaha yang kuat.

“Jadi, bisa terbangun pemikirannya, juga mentalnya terkait risiko berwirausaha. Karena banyak dari wirausaha muda yang terkadang tidak mau bertindak karena takut akan resiko yang didapat nantinya,” imbuhnya.

Mental dan mindset itu sendiri, menurut Emil, akan terbentuk melalui ekosistem. “Nah, ekosistem ini akan terbentuk dari hadirnya Perwira. Jejaring antar pengusaha, komunitas, advisor akan terbentuk disini,” jelasnya.

Mantan Bupati Trenggalek itu juga menjelaskan, bagaimana peran industri utamanya pengusaha melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat berperan aktif. Menurut data BPS, di triwulan I/2021, Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim tertinggi disumbang dari sektor UMKM sebesar 57,25 %.

Di Roadshow Perwira yang ketujuh ini, Emil berharap muncul sosok atau role model dari Jatim. Sehingga bisa menjadi patokan setiap pengusaha di Jatim bukan lagi start up yang sudah memiliki predikat unicorn. Wagub ingin pemuda Jatim jadi pioner atau contoh dan bukan inginnya cepat kaya tapi mencintai apa yang mereka lakukan.

“Di Perwira yang diutamakan bukan soal permodalan, tapi sebuah journey atau pengalaman yang menjadi titik fokusnya, sehingga mereka bisa mengetahui peluang yang bisa dikembangkan,” ucap Emil. ( Syam )

Comments are closed.