A place where you need to follow for what happening in world cup

Gerakan LDP di Launching Dinsos Jatim

0 3

Dinas Kominfo Jatim || Gerbang News

Dinas Sosial Jatim melaunching Gerakan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) anak dalam keluarga korban Covid-19, Selasa (03/08/2021).

Kadinsos Jatim Alwi mengatakan, gerakan ini harus dilakukan secara nyata di setiap Kabupaten/Kota. Maksud kegiatan LDP memberikan perlindungan dan jaminan sosial kepada anak yang terdampak covid 19 di Jawa Timur.

Sedangkan tujuannya adalah memberikan layanan dukungan psikososial bagi anak dalam keluarga korban covid 19, memberikan perlindungan dan jaminan sosial kepada anak agar dapat memperoleh haknya dan dapat terpenuhi keberfungsan sosialnya. Dari kondisi tersebut, maka perlu adanya Gerakan Layanan Dukungan Psikososial  anak dalam keluarga korban covid 19.

Lebih lanjut Alwi mengatakan, ditengah situasi pandemi Covid-19 yang semakin memburuk dan angka kematian yang semakin meningkat, kemungkinan banyak anak yang kehilangan ayah atau ibunya, bahkan kedua orang tuanya.

Berdasarkan data dari Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Timur, tercatat per 11 Juli 2021 total kasus kematian di Jawa Timur mencapai 14.805 kasus. Dari data tersebut menggambarkan, bahwa anak yang menjadi yatim, piatu atau yatim piatu sangatlah banyak.

Dinas sosial selaku perangkat daerah yang mempunyai tugas memulihkan fungsi sosial anak bersama dengan pilar-pilar sosial merespon hal tersebut dengan gerakan/tindakan yang langsung dirasakan oleh anak dalam keluarga Covid-19 yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Selain launching LDP, Dinsos juga memberikan bantuan sembako pada 1.000 pendamping/pengasuh anak. Bantuan sembako ini dari gerakan kepedulian karyawan karyawati Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.

Tim yang terlibat dalam kegiatan LDP Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur (seluruh jajaran), Dinas Sosial Kabupaten/Kota, Pekerja Sosial, Relawan/Pilar-pilar Sosial (Tagana, TKSK, Karang Taruna, Sakti Peksos) sebanyak 500 orang, Yayasan WINGS Peduli.

Waktu pelaksanaan kegiatan LDP dilaksanakan secara serentak di seluruh Kabupaten/Kota se Jawa Timur pada tanggal 4 sampai dengan 9 Agustus 2021.

Kegiatan LDP memberikan Layanan Dukungan Psikososial kepada 1.000 anak yang tersebar di 38 Kabupaten/Kota dan memberikan bingkisan/souvenir dari PT Wings Surya, memastikan kondisi anak dalam keadaan sehat, terlindungi, ada orang tua asuh dan sudah vakin (apabila usia 12 sampai dengan 17). 1.000 pendamping/pengasuh anak mendapatkan sembako dari gerakan kepedulian karyawan karyawati Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, memberi solusi terhadap anak yang tidak mendapat/terpenuhi kebutuhan dasarnya melalui perlindungan dan pelayanan sosial di 4 UPT anak dan 4 shelter perlindungan anak yang ada di Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur dan di 760 LKSA yang sudah terkakreditasi dan Pembagian 2.000 masker sebagai upaya untuk mencegah penularan dan penyebaran covid-19. ( Syam )

Leave A Reply

Your email address will not be published.