Tanamkan Jiwa Mandiri, UPT RSBLK Tuban Bekali PM dengan Keterampilan Pembuatan Paving

Tuban, Jawa Timur II Gerbang News

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Lara Kronis (UPT RSBLK) Tuban Dinas Sosial (Dinsos) Jatim membekali penerima manfaat (PM) eks penyandang kusta dengan keterampilan pembuatan paving.

Keterampilan ini diberikan setiap hari Senin dan Rabu pukul 09.00 WIB dan bertempat di Ruang Keterampilan Pembuatan Paving UPT RSBLK Tuban. Hadir dalam kesempatan ini, Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial, Pekerja Sosial, instruktur keterampilan pembuatan paving, serta PM.

Dalam kegiatan tersebut, PM diberikan pelatihan untuk pembuatan paving, mulai dari mencampurkan pasir dan semen untuk membuat adukan dengan takaran air yang cukup. Kemudian, mereka mencetaknya sesuai bentuk cetakan yang sudah dipersiapkan. Dalam tahap pencetakan, PM perlu memberi tekanan pada adukan dengan cara dipukul-pukul, agar paving bisa padat sesuai cetakan.

Paving yang masih basah ditata rapi untuk siap dikeringkan. Setelah kering, paving direndam air selama sehari semalam untuk menguatkannya dan paving sudah siap untuk digunakan. Selain itu, keterampilan paving juga membuat batu nisan.

Plt Kepala UPT RSBLK Tuban  Singgih Tri Wimbanu, Senin (29/7/2024) menyampaikan, kegiatan keterampilan pembuatan paving ini merupakan bagian dari kegiatan Seksi Rehabilitasi Sosial. Pada PM diberikan keterampilan ini agar mampu mandiri, demi tercapainya keberfungsian sosial mereka di masyarakat kelak.

“Saya harap kegiatan keterampilan pembuatan paving ini mampu memberikan dorongan semangat kepada PM untuk mampu menjadi pribadi yang mandiri, kreatif, dan semakin kuat untuk mampu menjalani kehidupan,” harapnya.

#tuban #jawatimur #gerbangnews
Comments (0)
Add Comment