Peduli Suroboyo, KBRS Perjuangan Semprotkan Desinfektan ke Kampung-kampung

Surabaya || Gerbang News

Wabah Covid-19 yang telah menyebar di Kota Surabaya memunculkan rasa simpati dari kalangan lembaga swadaya masyarakat, Keluarga Besar Rakyat Surabaya (KBRS) Perjuangan salah satunya.

Organisasi yang dimotori Yanto Banteng dan Hasan Yanto tersebut, pada hari Sabtu (11/04/2020) kemarin, kembali melakukan penyemprotan desinfektan ke kampung-kampung di RT. 10 dan RT. 11/RW. 08 Kelurahan Jepara, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya.

“Ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap Kota Surabaya, yang mana masih banyak masyarakat yang berharap lingkungan kampungnya di semprot desinfektan agar terhindar dari virus corona,” kata Yanto Banteng.

Setiap sudut rumah warga tidak luput dari penyemprotan desinfektan

Ia menjelaskan, melalui biro Supeno, KBRS Perjuangan diminta untuk menyemprotkan desinfektan di kampung yang dipimpin oleh Ketua RT. 11 Sukarman untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Tak menunggu lama, di sekretariat KBRS Perjuangan Jalan Tanjungsari No. 4 Surabaya, tim kecil pencegahan yang diberi nama Ning Corona KBRS Perjuangan siap beraksi,” terangnya.

Antusias warga yang kampungnya berdekatan dengan rel kereta api itu pun sangat terasa. Mereka saling berebut tempat mana saja yang harus di semprot oleh Supeno.

“Loh sing nyemprot kok sejeh ?” tanya cak Endik, salah satu warga yang rumahnya juga kebagian semprotan.
“Yo cak, nang KBRS Perjuangan iki tim e kompak. Dadi, gantian sing nyemprot,” jawab Supeno sambil meneruskan penyemprotan.

Tim kecil KBRS Perjuangan mengisi ulang cairan desinfektan

Disaat warga berebut rumahnya di semprot lebih dulu, pada saat itu mesin penyemprot mati, karena cairan desinfektan dalam tabung warna kuning tersebut telah habis.

“Supeno segera menelpon Yanto Banteng sebagai kordinator kegiatan sosial untuk meminta cairan pembunuh Ning Corona, dan selang beberapa menit kiriman cairan dalam kemasan 4 liter tersebut segera dituangkan dan di campur air 1 berbanding 4. Penyemprotan kembali menyisir setiap rumah dan gang-gang sempit khas Surabaya yang memang padat penduduk,” ujar Hasan Yanto, selaku sekretaris di KBRS Perjuangan.

Disisi lain, Sukarman dan warga lainnya berharap kepada KBRS Perjuangan supaya diusahakan masker untuk dibagikan ke warganya. Mengingat dalam masa wabah Covid-19, warga yang menempati daerah seperti di lingkungan padat penduduk memang sangat rentan tetular virus.

“Selain masker, warga juga sangat membutuhkan sembako dan semua barang yang ada hubungannya dengan persiapan warga untuk mentaati anjuran pemerintah terkait agar mereka patuh untuk tinggal di rumah,” pungkas Hasan. ( Syam )

KBRS Perjuangan Semprotkan Desinfektan ke Kampung-kampungPeduli Suroboyo