May Day 2021, Kabupaten Batu Bara Diwarnai Bakti Sosial

Batu Bara || Gerbang News

Hari Buruh Nasional yang jatuh pada 1 Mei 2021 kali ini, sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana dulu sering terjadi aksi unjuk rasa yang dilakukan para buruh untuk menuntut hak-hak pada umumnya.

Namun di Kabupaten Batu Bara, buruh yang tergabung dalam K.SPSI, K.SBSI, KKASBI dan seluruh cabang yang tergabung dalam serikat buruh, melakukan hal yang sangat luar biasa di Hari Buru Nasional ( May Day ) Tahun 2021, yakni menggelar bakti sosial di Jalan Asesrud Inalum, Desa Perkebunan Sipare Pare, Kecamatan Seisuka, Kabupaten Batu Bara, pada hari Sabtu (01/05/2021).

Dengan menggalang bakti sosial yang dikemas dalam berbagi kepada masyarakat sekitar itu, juga diperuntukkan ke para buruh pabrik yang ada di Kabupaten Batu Bara.

Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, S.H., M.H., yang didampingi Waka polres Kompol Rudi Chandra, S.H., M.H., beserta seluruh pejabat utamanya dan Ketua K.SPSI H. Darius, S.H., M.H., bersama seluruh Persatuan Buruh yang ada, menjelaskan, kali ini merupakan suatu hal yang sangat luar biasa ditunjukkan kepada masyarakat, bahwasanya kekompakan antara Organisasi Buruh dan Pemerintah Daerah, khususnya Polres Batu Bara melakukan bakti sosial di Hari Buruh Nasional ( may day ).

Kapolres juga mengatakan, bahwa bantuan paket sembako dari Kapolda Sumatra Utara Irjen Pol Drs. Panca Putra, M.Si., ini menunjukan perhatian khusus kepada kita semua. Di mana beliau ingin menunjukan kepeduliannya kepada masyarakat tentang hak-hak buruh.

“Saya juga menyampaikan, jika permasalahan buruh adalah permasalahan kami juga. Mereka yang menjadi pekerja juga dilindungi oleh Undang-Undang. Jadi, kami juga berhak untuk melakukan langkah-langkah hukum dalam melindungi hak para buruh,” ujar AKBP Ikhwan Lubis, S.H., M.H.

Dalam pertemuanya dengan para buruh, Kapolres Batu Bara juga menyampaikan pesan pemantapan harkamtibmas kepada semua Organisasi Buruh, dan sekaligus memberikan bantuan sembako kepada para buruh. “Semoga ini semua menjadi hal yang bermanfaat kedepanya nanti,” ungkap Kapolres.

Semntara dalam mediasi antara Buruh dan Polres, Sugiono Perwakilan dari PUK SPSI wilayah Inalum menyampaikan tentang hak-hak tuntutan 400 para buruh yang di PHK  perusahaan sepihak. Namun dengan koordinasi yang baik, hal ini dapat dikendalikan dengan baik oleh Ketua K.SPSI bersama Kapolres. Sehingga membuat suasana menjadi kondusif.

Rasa kagum juga terlempar dari mulut para buruh saat mengetahui bahasa-bahasa bijak dari sang Kapolres, hingga Ketua K.SPSI  melontarkan bahasa yang sangat menyejukkan hati pada pertemuan yang ada.

“Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang bermanfaat untuk orang lain,” hal ini dikatakan H. Darius, S.H., M.H., untuk sosok Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, S.H., M.H., pada kegiatan bakti sosial yang mengajak semua unsur untuk berbuat kebaikan. (B/Ld / Red)

#2021#baktisosial#berita#gerbangnews#hariburuhnasional#kapolrestanahkaro#mayday#organisasiburuh#poldasumut