A place where you need to follow for what happening in world cup

UPT RSBLK Tuban Berikan Pelayanan Kesehatan bagi Eks Penyandang Kusta

0 38

Tuban, Jawa Timur II Gerbang News

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Lara Kronis (UPT RSBLK) Tuban Dinas Sosial (Dinsos) Jatim bersinergi dengan RSUD Sumberglagah Mojokerto untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi eks penyandang kusta.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pelayanan kesehatan bagi eks penyandang kusta yang diprakarsai kerjasama UPT RSBLK Tuban dan RSUD Sumberglagah Mojokerto. Pelayanan kesehatan yang dilaksanakan setiap bulan ini bertempat di ruang kesehatan UPT RSBLK Tuban dengan menjangkau 100 penerima manfaat (PM) eks penyandang kusta UPT RSBI Tuban, serta masyarakat eks penyandang kusta luar panti di hari berikutnya.

Hadir dalam kesempatan ini, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial, Kepala Seksi Pelayanan Sosial, Pengelola Kesehatan, Pengelola Rehabilitasi dan Pelayanan Sosial, pekerja sosial, serta tim tenaga kesehatan dari RSUD Sumberglagah Mojokerto.

Plt Kepala UPT RSBLK Tuban, Singgih Tri Wimbanu memberikan apresiasi yang tinggi terhadap tim kesehatan dari RSUD Sumberglagah dan seluruh pihak yang terlibat untuk menyukseskan kegiatan ini.

“Karena bagaimanapun, hal terpenting untuk diberikan kepada masyarakat eks penyandang kusta, baik PM yang berada di dalam UPT RSBLK Tuban, maupun masyarakat yang berada di pemukiman kusta Dukuh Nganget adalah terpenuhinya pelayanan kesehatan,” tutur Singgih Tri Wimbanu, Senin (29/7/2024).

Dengan adanya kegiatan ini, pihaknya berharap seluruh PM eks penyandang kusta di dalam panti, maupun seluruh eks penyandang kusta yang berada di luar panti, khususnya di Dukuh Nganget bisa mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang layak demi keberlangsungan hidup mereka.

Terpisah, dr Edy Cahyono selaku dokter RSUD Sumberglagah Mojokerto menjelaskan, RSUD Sumberglagah Mojokerto bersama Dinsos Jatim melalui UPT RSBLK Tuban memiliki komitmen yang kuat dalam rangka menyediakan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan mudah dijangkau oleh masyarakat eks penyandang kusta secara umum.

“Setiap bulan kami memberikan pelayanan kesehatan dasar yang berlokasi di ruang pelayanan kesehatan UPT RSBLK Tuban. Saya juga mengajak masyarakat Dukuh Nganget, Desa Kedungjambe, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk dapat memeriksakan kondisi kesehatannya,” katanya.

Edy juga menambahkan, bentuk pelayanan kesehatan dari RSUD Sumberglagah, khususnya kepada PM UPT RSBLK Tuban dan masyarakat eks penyandang kusta di Dukuh Nganget terfokus pada menjaga kecacatan pasien-pasien agar cacatnya tidak kembali berlanjut. “Pasien yang pernah menderita kusta, harapan kami, cacatnya berhenti dan tidak menyebar. Efek samping dari cacat ini membatasi gerak dari pengidap kusta, sehingga akan mengalami kesulitan dalam kegiatan sehari-h ari,” ujarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.