A place where you need to follow for what happening in world cup

12 PMI Asal Sampang Dipulangkan Dari Asrama Haji Surabaya

1

Dinas Kominfo Jatim || Gerbang News

Kabupaten Sampang yang tercatat sebagai daerah terbesar kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI), Senin (17/05/2021) pagi, tercatat sebagai angka terkecil dengan hanya memulangkan 12 orang. Kepulangan mereka dikawal khusus dua staf Pemerintah Kabupaten Sampang.

“Hari ini merupakan rombongan paling kecil, sebanyak 12 orang PMI yang dipulangkan ke Kabupaten Sampang dengan menggunakan Bus dari Asrama Haji Surabaya,” ujar Mohammad Zainuddin salah satu staf Pemerintah Kabupaten Sampang yang bertugas memulangkan PMI asal Kabupaten Sampang.

Sebelum dipulangkan, staf khusus Pemerintah Kabupaten Sampang memberikan pengarahan dalam bahasa Madura agar dipahami oleh para PMI asal Kabupaten Sampang. Mereka juga dibekali surat tugas agar bisa lancar dalam melalui petugas penyekatan perbatasan Surabaya dan Madura.

Tidak hanya itu saja, mereka juga diminta melakukan pengecekan ulang terhadap barang bawaan agar tidak ada satupun yang ketinggalan di Asrama Haji Surabaya.

Sejak tanggal 1 Mei hingga 17 Mei 2021, sebanyak 6878 Pekerja Migran Indonesia yang dikarantina oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur sudah dipulangkan ke daerah asal.

Jumlah terbesar tujuan kepulangan PMI ke Kabupaten Sampang, dengan total mencapai 1211 orang dan Kabupaten Bangkalan berjumlah 610 orang.

Dari data Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur menyebutkan, bahwa puncak kepulangan PMI terjadi pada tanggal 3 Mei dan 8 Mei 2021. Pada tanggal 3 Mei 2021, kepulangan PMI mencapai 854 orang dan pada tanggal 8 Mei 2021 mencapai 701 orang.

Selain dua hari tersebut, angka kepulangan mencapai penurunan dan terendah pada tanggal 13 Mei 2021, yang memulangkan 82 PMI ke daerah masing-masing. ( Syam )

Comments are closed.