Pasi Intel Kodim dan Danramil 01/Cilacap Hadiri Apel Siaga Panwaslu Cilacap

By Syamsul 13 Apr 2019, 00:32:32 WIB TNI
Pasi Intel Kodim dan Danramil 01/Cilacap Hadiri Apel Siaga Panwaslu Cilacap

Keterangan Gambar : Rangkaian Kegiatan TNI


Cilacap || Gerbang News

 

Pasi Intel Kodim 0793/Cilacap Kapten Inf. Kadisan bersama Danramil 01/Cilacap Kapten Kav. Nur Sohib Ansori hadiri Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2019 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Cilacap di Area Benteng Pendem Cilacap, Jum'at (12/04).

 

Dengan tema "Bersama Rakyat Awasi Pemilu", kegiatan tersebut diikuti sekitar 350 personel. Tampak hadir pula sejumlah pejabat Bawaslu Cilacap seperti halnya Bachtiar Hastiarto, S.H., M.H., selaku Divisi Penindakan dan penanganan pelanggaran Bawaslu Cilacap, Warsid, S.Pd., dari Divisi Pengawasan dan hubungan antar lembaga, Erina Hastuti, S.S., M.Pd., dari Divisi organisasi dan SDM serta Umi Fadilah, S.Ag., M.Si., dari Divisi hukum, data dan informasi. Para Ketua Panwascam beserta anggota se Kabupaten Cilacap juga hadir dalam kesempatan itu.

 

Dalam kegiatan apel tersebut, dibacakan sambutan Ketua Bawaslu RI oleh Bahtiar Hastiarto, S.H., M.H., yang mengatakan, bahwa Pemilihan umum adalah perayaan demokrasi yang patut dirayakan dengan penuh suka cita, damai dan rasa kebanggaan sebagai sebuah bangsa yang beradab. Dan puncak perayaan Pemilu 2019, akan dilaksanakan pada tanggal 17 April mendatang, dimana seluruh anak Bangsa yang berhak memilih akan menggunakan hak pilihnya.

 

Pemilu kali ini merupakan pengalaman baru bagi kita. Dimana untuk pertama kalinya dalam sejarah kepemiluan di Indonesia, Anggota DPR, DPD, Presiden dan Wakil Presiden dan DPRD akan dipilih secara serentak. Aspek keserentakan dari pemilu kali ini, menjadi ujian besar Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu yang telah 11 Tahun mendedikasikan dirinya menjaga hak pilih rakyat.

 

Menurut Ketua Bawaslu RI, sebelum memasuki hari pemungutan dan penghitungan dari tanggal 17 April, kita terlebih dahulu diperhadapkan dengan tugas mengawasi hari tenang yang dimulai tanggal 14 sampai dengan 16 April. Masa ini merupakan masa fase krusial dalam pelaksanaan pemilu, yang akan menguji integritas seluruh elemen Bangsa termasuk didalamnya Bawaslu dan peserta pemilu.

 

Berdasarkan pengalaman kita, baik pada agenda pemilihan kepala daerah maupun agenda pemilu sebelumnya, masa tenang cenderung diwarnai dengan praktik-praktik kecurangan, politik uang, propaganda isu SARA, penyebaran berita bohong untuk saling menjatuhkan diantara sesama peserta. Bahkan, tak jarang terjadi benturan kekerasan antar masa pendukung peserta pemilu. Praktik praktik seperti ini tentu mengancam keutuhan Bangsa.

 

Apel Siaga Pengawasan Pada Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Cilacap ini sendiri digelar dalam rangka pengecekan dan kesiap siagaan anggota Pengawas Pemilu 2019, khususnya di Kabupaten Cilacap serta menjalin sinergitas sesama Pengawas Pemilu 2019 agar tercipta Pemilu yang bermartabat di wilayah Kabupaten Cilacap. ( Pendim Cilacap / Urip / Syam )




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Presiden & Wakil Presiden 2019 - 2024?
  Joko Widodo dan Ma'ruf Amin
  Probowo dan Sandiaga Uno

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video