Warga Jakarta Gugat Sekda DKI Stop Reklamasi Pulau D

By Team Gerbang 12 Okt 2017, 19:01:50 WIBPemerintah

Warga Jakarta Gugat Sekda DKI Stop Reklamasi Pulau D

Jakarta - Gerbangnews.com

Dugaan Saefullah yang dianggap telah melanggar ketentuan perundangan Pasal 1320 KUH Perdata terkait Reklamasi Pulau D, Ribuan warga korban Reklamasi Jakarta Tuntut Pembatalan Perjanjian Korban Nomor 33 Tahun 2017 dan Nomor 1/akta/Not/VIII/2201 tentang Penggunaan/Pemanfaatan Tanah di Atas Sertifikat HAK Pengelolaan Nomor 45 (Pulau D) Pengelolan Nomor 45/Kamal Muara Pulau 2 A (PULAU D) antara Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta yang di tanda tangani Sekda DKI, Dr. Sefullah Mpd dengan PT Kapuk Naga Indah.

Konflik Pembangunan Pulau Reklamasi Pantai Jakarta semakin memanas, Berbagai macam Aksi Penolakan oleh Warga Jakarta, Pemerhati Lingkungan, Aktifis, Mahasiswa maupun Politisi untuk memberhentikan Proyek Reklamasi yang keliru dan membenturkan Undang - Undang serta tatanan lingkungan dianggap angin lalu oleh Pemerintah DKI Jakarta maupun Pemerintah Pusat.

Perhatian masyarakat atas Pembangunan Reklamasi yang merupakan BIG - Project dengan menyulap system dan perundangan - undangan menjadi sebuah Kota Hunian Baru, Pemerintah dianggap tidak patuh terhadap Amanah Undang - Undang Dasar 1945 dan dianggap telah mengesampingkan aspek Hukum, Ekonomi, Sosial maupun Lingkungan.

Berdasarkan temuan dilapangan, Banyak pelanggaran perizinan yang ditabrak pelaksana atas Rekomendasi Pemerintah. Akibatnya, Upaya perizinan Reklamasi baik dari Hilir sampai ke Hulu suatu Pembredelan Hukum dan Publik. Proyek kekuasaan yang mengedepankan ambisius yang diberi nama 'Reklamasi Jakarta' khususnya Pulau D sempat dihentikan (moratorium), Pemberhentian Proyek tersebut dilakukan karena proses Amdal dan Perizinan yang bermasalah serta pembangunan yang Menyalahi Aturan. Namun pemberhentian Reklamasi tidak berlangsung lama dan kembali dilanjutkan, Hal itulah yang menimbulkan kemarahan warga Jakarta.

Salah satu pelanggaran yang paling Krusial adalah dengan dilakukannya Perjanjian antara Saefullah selaku Sekda Provinsi DKI Jakarta dengan Surya Pranoto Budihardjo dan Firmantodi Sarlito selaku Presiden Direktur dan Direktur PT Kapuk Naga Indah pada 11 Agustus 2017 (Saat masih berlakunya Moratorium).

Dugaan Perbuatan Melawan Hukum Dalam Perjanjian tersebut adalah :
Pertama, Objek Perjanjian bertentangan dengan Pasal 1320 KUH Perdata, Karena kuasa tidak halal mengingat masih berlakunya Moratorium pada saat perjanjian dibuat.
Kedua, Perjanjian tidak melibatkan DPRD DKI Jakarta, Dimana ketentuan Pasal 9 Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2007 tentang Tata Cara Pelaksanaan Kerjasama Daerah.
Ketiga, Tidak ada Pembentukan Tim Koordinasi Kerjasama Daerah, Sehingga bertentangan dengan Pasal 5 Permendagri Nomor 22 Tahun 2009 tentang Petunjuk Teknis Tata Cara Kerjasama Daerah.
Keempat, Objek gugatan berimplikasi terbitnya SK HGB dari BPN Jakarta Utara yang SUPER KILAT, Yakni keluar dihari yang sama dengan Surat Permohonan HGB tertanggal 23 Agustus 2017.
Kelima, Proyek Reklamasi mencemarkan Lingkungan, Merusak Biota Laut dan Mengikis Penghasilan Nelayan, Petambak dan Warga Pesisir.
Keenam, Proyek Reklamasi bertentangan dengan berbagai Peraturan Perundang - Undangan yang berlaku.

Berdasarkan alasan tersebut, Kami atas nama (Aliansi Korban Reklamasi Jakarta) AKAR JAKARTA Menuntut agar Pengadilan Jakarta Pusat MEMBATALKAN PERJANJIAN KERJASAMA TERSEBUT dan menuntut kepada Pemerintah agar Proyek REKLAMASI Jakarta dihentikan.

Jika Pemerintah tetap memaksakan kehendaknya, Maka kami Korban Reklamasi Jakarta akan terus berjuang melalui Sarana Hukum yang ada. Termasuk tidak terbatas pada Pengadilan Negeri, PTUN, dan Upaya Hukum lainnya serta akan turun terus ke jalan hingga tuntutan kami terpenuhi.

KAMI YANG MENYATAKAN Tim Advokasi (Aliansi Korban Reklamasi) AKAR JAKARTA

Nelayan Tradisional Kamal Muara, Nelayan Muara Angke, Nelayan Kali Baru, KAHMI Jakarta Utara, Aliansi Masyarakat Jakarta Utara, Laskar Luar Batang, Forum Komunikasi Pemuda Muara Angke, Forum Pemuda Betawi Jakarta Utara, Paguyuban Kembang Lestari, Gerakan Pemuda Kamal Muara. ( Syam/Opan )

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Gerbang News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Berita Apa Yang Anda Sukai?
  Korupsi
  Kriminal

Komentar Terakhir

  • Rental Mobil

    Wow,, gelapin 20 mobil rental, canggih amat... udah lihai ini mah. Pengusaha besi ...

    View Article
  • jajaran jasa seo

    Good to know that... I love your site very much. ...

    View Article
  • Harga Speaker Aktif Terbaik

    Harga Speaker Aktif Terbaik ...

    View Article
  • harga speaker aktif murah berkualitas

    harga speaker aktif murah berkualitas ...

    View Article