Universitas Unair Surabaya Kedatangan Delegasi University Sultan Zainal Abidin Malaysia

By Team Gerbang 30 Apr 2017, 00:40:42 WIBPendidikan

Universitas Unair Surabaya Kedatangan Delegasi University Sultan Zainal Abidin Malaysia

Surabaya Gerbangnews.com

University Sultan Zainal Abidin Malaysia kirimkan 16 Delegasi ke Univeristas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Kedatangan 14 Mahasiswa dan dua Rektor dari Faculty of Law and International Relation tersebut setelah Universitas Unair Surabaya Indonesia mendatangi beberapa Universitas di Malaysia di waktu lalu dan pengunjungnya balasan itu wujud kerjasama antara Universitas Indonesia dan Malaysia dibidang Akademik, Sabtu 29 April 2017.

Kepala Department Hubungan International UNAIR M. Muttaqien saat ditemui Gerbangnews.com mengungkapkan, Bahwa kedatangan Delegasi dari Malaysia kali ini merupakan kunjungan bagian dari rutinitas tahunan Program South East Asia Academic Mobility (SEAAM) yang berlangsung sejak 2016 lalu.
" Tahun lalu kita berkunjung ke lima kampus di Malaysia dan satu di Thailand, Sekarang giliran Malaysia yang berkunjung kesini ," Ungkap Kepala Departemen Tenaga Honorer Unair ini.

Pada kesempatan Student Mobility ini, Para Mahasiswa UNISZA dan UNAIR sudah saling mempelajari budaya dan kehidupan sosial dinegaranya masing - masing. Selain melakukan diskusi tentang Konferensi Internasional dan Pengenalan Kampus, Seluruh anggota yang dari Rektor maupun Mahasiswa Malaysia juga akan melakukan Program tentang pengabdian masyarakat di Probolinggo sambil menikmati indahnya alam Bromo yang ada di Indonesia.

" Kemarin ada diskusi ilmiah, Sekarang Konferensi Internasional. Besok akan kita ajak Car Free Day (CFD) ke Bungkul, Senin ke Malang dan mereka juga akan melakukan pengabdian masyarakat di Probolinggo serta berkunjung ke Bromo ," kata Muttaqien menjelaskan rangkaian kegiatan yang akan dilakukan. 

Sementara itu, Affandi Salleh Profesor Faculty Undang - Undang dan Hubungan Antar Bangsa UNISZA Malaysia itu mengungkapkan, Antusiasnya terhadap kunjungan ke Indonesia kali ini. Menurutnya, Program Student Mobility dapat merubah pandangan masyarakat Indonesia terhadap Malaysia yang selama ini di adu domba oleh media - media yang tidak bertanggung jawab.
“ Kami hanya heran kepada media yang selalu menjelekan Malaysia dengan cara mengadu domba dengan cara merebut lahan dan budaya di Indonesia, Sehingga menimbulkan persepsi yang tidak betul. Kami sebetulnya tidak merebut, Tapi merawat budaya yang ada di Indonesia. Kami bangga bisa bekerja sama, Ternyata saat kita datang disambut dengan ramah tamah oleh masyarakat Indonesia yang kompleks dan berpendidikan tinggi ," tuturnya Affandi Salleh dengan Logat Melayunya.

Senada dengan Affandi Salleh, Suyatno selaku Delegasi Lektur UNISZA lainnya mengaku bahwa kegiatan tersebut selain bisa meningkatkan hubungan kerjasama, Juga dapat menepis kesalahpahaman yang sudah terjadi antara Indonesia dan Malaysia selama ini. Ini bisa mengikis pandangan negatif satu sama lain yang selama ini diciptakan oleh media.

Menambahkan, Dr. Suyatno yang juga pernah menjadi salah satu Dosen Hubungan Internasional UNAIR itu juga menambahkan, Bahwa hubungan kerjasama antar dua negara dapat bermanfaatkan untuk saling belajar antara Mahasiswa Indonesia dengan Mahasiswa Malaysia terutama dalam meningkatkan mutu pendidikan satu sama lain.
" Kalau Malaysia sistemnya lebih bagus, Sedangkan Indonesia SDM nya lebih bagus ," pungkas orang yang asli dari Surabaya Indonesia ini.

Kami berharap untuk warga Indonesia selama ini yang kerja di Malaysia sebagai TKI atau TKW, Kami warga Malaysia tidak pernah melakukan kekerasan dalam mengerjakan orang - orang Indonesia di Negara kami. Justru kami selalu mengayomi, Agar warga Indonesia yang menjadi TKI atau TKW untuk bekerja dengan baik. Dengan kerja sama antara Indonesia dan Malaysia semoga hubungan kita makin tambah erat, Karena Indonesia bagian/saudara Malaysia sampai kapan pun. Agar kedepannya baik dari pihak UNAIR maupun UNISZA melalui kegiatan ini, Berharap hubungan kerjasama antar Indonesia dan Malaysia dapat terus berjalan baik dan menepis kesalahpahaman antar kedua negara yang selama ini terjadi. ( Basori )

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Gerbang News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Berita Apa Yang Anda Sukai?
  Korupsi
  Kriminal

Komentar Terakhir

  • firmanhusain

    hoak ...

    View Article
  • APH SEK RBP

    Kalau polisi sdh kerja sesuai dengan prosedur itu dan masih membutuhkan keterangan ...

    View Article
  • Best essay writing service

    Thankful such an awesome sum for sharing this glorious information! I am envisioning ...

    View Article
  • waste water treatment indonesia

    Wah parah juga nih kalau semisalnya membuang limbah semabrangan karena bisa mencemari ...

    View Article