Rakyat Kecil Sukabumi "MENDERITA" Biaya - Biaya Sekolah Tinggi

By Team Gerbang 22 Jul 2017, 12:03:01 WIBPendidikan

Rakyat Kecil Sukabumi "MENDERITA" Biaya - Biaya Sekolah Tinggi

Sukabumi Gerbangnews.com

Sekolah yang dinyatakan gratis itu cuma isapan jempol, Pentingnya pendidikan untuk anak - anak sekolah sebagai harapan agar warga negara indonesia tidak bodoh kedepannya nanti. Namun harapan itu hanya sebuah mimpi bagi kaum orang tidak mampu, Sedangkan pungli - pungli yang di gemborkan pun seakan tidak mampu menindak sekolah - sekolah yang selalu memungut biaya dengan alasan yang di buat oleh sekolah.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 45 tahun 2014 Bab IV pasal 4 yang bertuliskan, Pengadaan pakaian seragam sekolah diusahakan sendiri oleh orangtua atau wali peserta didik dan pengadaannya tidak boleh dikaitkan dengan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru atau pun kenaikan kelas.

Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2010 Pasal 181 dan Pasal 198 yang juga bertuliskan, Pendidik atau tenaga pendidik, Komite sekolah dan Dewan pendidikan, baik secara Perseorangan atau Kolektif tidak diperbolehkan untuk menjual pakaian seragam ataupun bahan seragam.

Ternyata peraturan itu tidak di gubris oleh kepala sekolah yang ada di kab. Sukabumi, Pihak dinas pendidikan pun pura - pura tidak mau perduli akan hal itu.

Seperti temuan awak media " Buat orang yang mampu mungkin beli di sekolah itu tidak masalah ganti baju tiap bulan pun tidak masalah, Kami orang tidak punya. Jangan kan buat beli baju dan bayara lain -  lain, Buat ongkos sekolah pun kadang harus pinjam dulu ," Ungkap Inah (35 tahun) seorang ibu dari siswi yang sekolah di salah satu sekolah menengah pertama di wilayah Parungkuda, Sukabumi.

Adapun biaya yang di maksud adalah Biaya seragam sekolah, Baju batik, Baju muslim, Baju olahraga dan Baju pramuka, Belum lagi biaya - biaya lain. Keadaan seperti ini jelas menekan pihak orang tua murid, Walau dengan sistem apapun yang di lakukan ini adalah pelanggaran.

'' Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar ''. Berdasarkan Perpres ini, Pemerintah RI telah memberikan legalitas kepada SATGAS SABER PUNGLI untuk memberantas praktek PUNGLI di Indonesia.

SATGAS SABER PUNGLI memiliki 4 fungsi, yakni Intelejen, Pencegahan, Sosialisasi, Penindakan serta Yustisi. SATGAS SABER PUNGLI juga diberi kewenangan kepada Satgas untuk melaksanakan Operasi Tangkap Tangan / OTT (Pasal 4 huruf d Perpres).

Reporter : Arifin
Editor : Syam

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Gerbang News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Berita Apa Yang Anda Sukai?
  Korupsi
  Kriminal

Komentar Terakhir

  • firmanhusain

    hoak ...

    View Article
  • APH SEK RBP

    Kalau polisi sdh kerja sesuai dengan prosedur itu dan masih membutuhkan keterangan ...

    View Article
  • Best essay writing service

    Thankful such an awesome sum for sharing this glorious information! I am envisioning ...

    View Article
  • waste water treatment indonesia

    Wah parah juga nih kalau semisalnya membuang limbah semabrangan karena bisa mencemari ...

    View Article