PTPN X diduga Korupsi Uang Negara

By Team Gerbang 12 Jan 2016, 02:18:55 WIBPolitik

PTPN X diduga Korupsi Uang Negara

Korupsi Kolusi Nepotisme (KKN) yang wajib diberantas oleh aparatur negara tidak berjalan dengan maksimal, hampir seluruh Rakyat Indonesia sangat berharap pemerintah dapat memberantas habis sampai ke akar-akarnya. Bukannya berkurang, justru KKN semakin merajalela hampir diseluruh pelosok Negeri.

Berdasarkan surat laporan dari LSM Transparacy Center, diduga PTPN X melakukan persengkongkolan Jahat dengan Kontraktor Hitam guna mengeruk keuangan negara dengan dalih perencanaan pengadaan dan pemasangan 1 Unit Water Tube kapasitas 60 ton/jam. Dan juga pemeriksaan terhadap dokumen-dokumen kontrak dan pembayaran, Diketahui adanya Kejanggalan dan Ketimpangan sebagai berikut :

1.       Adanya realisasi pembayaran yang tidak sesuai dengan ketentuan dan terdapat denda keterlambatan yang belum dikenakan

2.       Dasar perhitungan bobot sisa pekerjaan tidak memiliki dasar yang memadai

3.       PT SPP tidak mematuhi aturan terkait pelayanan purna jual

4.       Pembebasan biaya commesioning yang seharusnya menjadi beban PT SPP dibebankan pada PTPN X

Menurut Ketua LSM Transparacy Center Warsono SH, dalam surat somasi yang ditujukan kepada PTPN X menuturkan “Berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa yang dilakukan oleh Divisi pengadaan barang dan jasa Kantor Direksi PTPN X dalam BAP Nomor : Hj-Phkol/11.005 tanggal 07 April 2011, PTPN X menunjuk PT.Saka Patria Perkasa (PT.SPP) sebagai rekanan pengadaan dan pemasangan 1 unit water tube boiler 60 ton/jam lengkap demin plat dan 1 Unit Altenator 4 MW PG krembong tahun 2011”.

Kerjasama PTPN X dengan PT SPP tersebut tertuang dalam perjanjian nomor : xx-kontr/11,051 tanggal 8 Agustus 2011 yang bernilai sebesar Rp 77.366.300.000, jangka waktu yang ditetapkan dalam kontrak adalah 14 bulan, terhitung mulai SPK ditanda tangani atau sampai dengan tanggal 27 September 2012.

Realisasi pembayaran=C2=A0 sampai dengan progres terakhir adalah sebesar Rp 75.498.486.681 atau 97,56% dari kontrak, Masa garansi yang ditawarkan dalam kontrak tersebut adalah satu kali masa giling atau minimal 180 hari. Pekerjaan tersebut mengalami 3x addendum, yaitu :

1. Nomor xx-kontr/11,089 tanggal 28 Desember 2011

 2. Nomor xx-kontr/12.005 tanggal 14 Februari 2012

3. Nomor xx-kontr/12.081 tanggal 11 Oktober 2012

 Dalam hal ini PTPN X telah menunjuk PT.Indocode Surya (PT IS) sebagai konsultan pengawasan dalam menghitung progres pengerjaan.

Dengan adanya temuan ini, negara telah dirugikan milyaran rupiah. Hal ini menunjukkan bahwa KKN masih tumbuh subur dan bebas tanpa ada pengawasan dari Pemerintah setempat dan juga Pemerintah Pusat.

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Berita Apa Yang Anda Sukai?
  Korupsi
  Kriminal

Komentar Terakhir

  • firmanhusain

    hoak ...

    View Article
  • APH SEK RBP

    Kalau polisi sdh kerja sesuai dengan prosedur itu dan masih membutuhkan keterangan ...

    View Article
  • Best essay writing service

    Thankful such an awesome sum for sharing this glorious information! I am envisioning ...

    View Article
  • waste water treatment indonesia

    Wah parah juga nih kalau semisalnya membuang limbah semabrangan karena bisa mencemari ...

    View Article