Praktisi Hukum Hermawan Benhard Manurung Angkat Bicara Pelepasan Pelaku Oleh Polres Gresik

By Team Gerbang 08 Okt 2017, 14:01:10 WIBPolres Gresik

Praktisi Hukum Hermawan Benhard Manurung Angkat Bicara Pelepasan Pelaku Oleh Polres Gresik

Surabaya - Gerbangnews.com

Terkait pemberitaan tentang dibebaskannya salah satu dari ke-Tiga Pelaku Komplotan Pencuri oleh Polres Gresik yang menurut Kanit Pidana Umum (Pidum) Polres Gresik Iptu Dawud bahwa Pelaku yang bernama Muhammad Eko Fauzi tidak memenuhi Unsur Pidana, Selasa (3/10/2017) lalu.

Menurut Praktisi Hukum Hermawan Benhard Manurung mengatakan, Kasus tersebut bukan Penipuan, Melainkan Pencurian, Karena yang diambil merupakan barang bergerak. Polres Gresik memberikan Pasal yang tidak Sesuai dan terkesan Sangat Ringan, Tutur Benhard Manurung.

" Berdasarkan dari Niat para Pelaku sudah jelas ingin menguasai barang yang bukan miliknya agar menjadi keuntungan pribadi. Harusnya yang dikenakan ialah Pasal 362 kalau dilakukan di siang hari atau Pasal 363 kalau dilakukan di malam hari, " Tegas Advokat yang tergabung dalam Peradi saat ditemui awak media.

Untuk pelaku Muhammad Eko Fauzi yang dibebaskan oleh Polres Gresik, Bernhard mengatakan, Seharusnya tidak bisa mas. Karena Pelaku Eko juga mengetahui kalau sepeda motor tersebut adalah Barang Curian, Itu tandanya mereka bertiga ini sudah Bersekongkol dalam melakukan Kejahatan. " Polres Gresik tidak bisa Melepas atau Membebaskan Eko, Meskipun belum mendapatkan untung dari penjualan sepeda motor curian tersebut. Tetapi Eko dengan sengaja dan mengetahui serta mengantarkan sepeda motor curian tersebut untuk dijual, Berarti intinya Eko ikut andil dalam Tindak Kejahatan tersebut, " Ujar Bernhard.

Tapi kalau dilihat dari keterangan Kanit Pidum Polres Gresik, Seharusnya Eko dikenakan Pasal 55 atau 56 karena turut Mengetahui, Membantu dan Memfasilitasi. Mengetahui tetapi tidak Lapor Polisi saja kena, Apalagi ikut serta dalam Tindak Kejahatan, Pungkas sang Advokat. ( Basori )

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Gerbang News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Berita Apa Yang Anda Sukai?
  Korupsi
  Kriminal

Komentar Terakhir

  • Harga Speaker Aktif Simbadda

    Harga Speaker Aktif Simbadda ...

    View Article
  • Harga Speaker Murah Bass Mantap

    Harga Speaker Murah Bass Mantap ...

    View Article
  • Harga Speaker Aktif Niko Slank

    Harga Speaker Aktif Niko Slank ...

    View Article
  • Harga Speaker ACR 15

    Harga Speaker ACR 15 ...

    View Article