Polsek Wonokromo Amankan Sultan Brunai KW

By Team Gerbang 11 Agu 2017, 01:44:34 WIBPolsek Wonokromo

Polsek Wonokromo Amankan Sultan Brunai KW

SurabayaGerbangnews.com

Tim Anti Bandit Polsek Wonokromo Surabaya berhasil menangkap 2 tersangka Penipuan dan Penggelapan antar kota, Modus tersangka mengaku sebagai Sultan dari Brunai yang bisa menyembuhkan segala macam penyakit. Para tersangka menyatroni mall - mall besar di Surabaya guna mencari mangsa, Jumat (4/8/2017).

Nasib naas dialami korban Siti Zubaidah (49 tahun) warga Sidotopo Wetan Surabaya, Korban harus merelakan uangnya sebesar 38 juta raib di kuras pelaku dari ATM korban. Adapun saat petugas mengintrogasi tersangka mengaku bernama Jonson Alias Sultan Saleh (36 tahun) Warga Raden Patah 1 No. 24, Cibodas Tanggerang, dan Sri Firdaus Bin Nordin (45 tahun) Warga KP Candu RT 05/01 Serdang Wetan Legok Tanggerang.

Menurut Kapolsek Wonokromo Kompol Agus Bahari Memaparkan, Saya mendapat laporan tentang adanya aksi penipuan dengan Modus mengaku sebagai Sultan dari Brunai dan sudah memakan korban. Maka saya langsung mengerahkan anggota untuk menyelidikinya, Ujar mantan Kapolsek Gubeng kepada awak media saat pers release, Kamis (10/8/2017).

Menambahkan, " Dari ciri - ciri yang sudah diceritakan oleh Korban, Akhirnya Tim Anti Bandit Polsek Wonokromo melihat kedua tersangka yang hendak beraksi mencari mangsanya di Restoran Wook Mall Marvel City di Jalan Ngagel Surabaya. Sebelum melakukan aksinya, Kedua tersangka berhasil di amankan dan dikeler ke Mapolsek Wonokromo Surabaya " Pungkas orang no 1 di Mapolsek Wonokromo Surabaya.

Kepada petugas, Kedua tersangka mengaku telah melakukan aksinya sebanyak 5 kali di mall - mall yang ada di Kota Surabaya seperti Lotte Mart Marvel, Cito, Ciputra Word, Pakuwon Trand Center dan JMP. Selain melancarkan aksinya di Kota Surabaya, Kedua tersangka juga melakukan aksi tipu - tipunya di kota - kota besar yang ada di Indonesia seperti Purwokerto Jawa tengah, Cirebon, Medan, dan Bengkulu.

Modus operandinya satu tersangka mencari korbannya dengan berpura - pura sebagai Sultan dari Brunai yang mendapat wasiat untuk menghibahkan Batu Mustika Giok Merah ke kantor musium, Sehingga pelaku meminta korban agar mengantarkannya ke musium tersebut. Karena mengetahui korbannya tidak tahu tempat tersebut, Datanglah pelaku lainnya yang mengaku warga Sidoarjo serta tahu tempat yang dimaksud. Skenario pelaku berjalan lancar, Salah satu tersangka berpura - pura meminta tolong agar dirinya bisa disembuhkan penyakitnya oleh batu mustika giok merah itu yang ditemani oleh korbannya.

Setelah pelaku mencoba batu mustika giok merah dengan cara dimasukkan kedalam air, Pelaku lainnya meyakinkan korbannya bahwa air dari batu mustika merah itu bisa menyembuhkan segala Penyakit, Teluh, dan mengatakan kepada korbannya bahwa dia telah di guna - guna oleh orang.

Setelah korbannya percaya dan merasa ketakutan oleh kata - kata para pelaku, Korbanpun meminta bantuan kepada pelaku yang mengaku sebagai sultan tersebut. Guna menyembuhkan guna - guna didalam tubuhnya, Pelaku meminta mahar kepada korbannya sebesar 200 ribu dengan cara mengambil uang di ATM milik korban.

Setelah korban keluar dari ATM, Pelaku meminta korban menaruh semua ATM korban dengan cara dilipat dengan menggunakan tisu. Dengan jurus kecepatan tangan, Para pelaku langsung menukar ATM korban dengan ATM palsu. Setelah berhasil memperdayai korbannya, Tersangka berpura - pura pamit ke mushola guna menunaikan sholat. Langkah seribu pun dilakukan pelaku guna menghilang dari pantauan korban.

Dari hasil penangkapan itu, Petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 bungkus tisu paseo bekas pakai, 3 buah ATM, 2 buah gentong kecil yang terbuat dari kuningan yang berisi batu giok merah, 4 buah kartu perdana, 1 buah Al-Qur'an kecil serta uang tunai sebesar 2 juta rupiah yang merupakan sisa dari foya - foya setelah melakukan aksinya.

Oleh karena perbuatannya, Kepolisian Polsek Wonokromo menjerat pelaku penipuan dengan Pasal 378 KUHP Subs Pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun menginap di hotel prodeo.

Reporter : Rokib
Editor     : Syaiful

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Gerbang News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Berita Apa Yang Anda Sukai?
  Korupsi
  Kriminal

Komentar Terakhir

  • Alim Bara

    Prabowo dan Gerindra harus segera membuat gerakan dan sikap tegas atas penghianatan ...

    View Article
  • SAEPUDIN,SH

    Mantap...!! ...

    View Article
  • free custom assignments online

    This is a very informative article. I am also agree with your post title and your ...

    View Article
  • Jakarta Sewa Mobil

    Memang nih, debt collector kebanyakan ya memang preman-preman semua. Untung aku gak ...

    View Article