Polda Jatim Gelar Upacara Peringatan HUT Satpam Ke-37

By Team Gerbang 11 Jan 2018, 00:12:44 WIBPolda Jawa Timur

Polda Jatim Gelar Upacara Peringatan HUT Satpam Ke-37

Surabaya-Gerbangnews.com

Satuan Pengamanan atau sering juga disingkat Satpam adalah satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/proyek/badan usaha untuk melakukan keamanan fisik (physical security) dalam rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan dimana mereka ditempatkan.

Kepolisian Republik Indonesia menyadari bahwa polisi tidak mungkin bekerja sendiri dalam mengemban fungsi kepolisian. Untuk itu, lembaga satuan pengamanan secara resmi dibentuk pada 30 Desember 1980.

Terkait hal itu, Polda Jatim  melakukan kegiatan upacara memperingati HUT Satpam ke 37, yang berlangsung di lapangan upacara Mapolda Jatim, Rabu (10/1/2018).

Sejarah terbentuknya satpam di Indonesia bermula saat Kapolri (Purn) Prof. DR. Awaloedin Djamin mengeluarkan SK Kapolri; No. SKEP/126/XII/1980. Dalam Surat Keputusan (SK)  tertanggal 30 Desember 1980 itu berisi tentang pola pembinaan satuan pengamanan.

Sejak saat itu, tanggal 30 Desember diperingati sebagai hari lahirnya Satpam Indonesia. Polri juga mengukuhkan Prof. DR. Awaloedin Djamin sebagai Bapak Satpam  Indonesia.

“Kami menggelar upacara hari peringatan HUT Satpam ini lebih cepat dari tanggal sebenarnya." Hal ini karena padatnya acara internal PLK yang akan digelar pada Desember,” ujar Prof Anondho.

Dalam kegiatan upacara ini, para satpam melakukan unjuk kebolehan dengan cara atraksi peragaan sikap dasar baris-berbaris dan bela diri karate yang dimiliki. Selain itu, dalam upacara tersebut juga dibacakan prinsip-prinsip penuntun satuan pengamanan yang berisikan 5 poin.

Lima poin tersebut diantaranya, Prinsip penentu aturan satpam Kami anggota satuan pengamanan memegang teguh disiplin, patuh dan taat pada pimpinan ,jujur dan bertanggung jawab. kami anggota satuan pengamanan senantiasa menjaga kehormatan diri dan menjunjung tinggi kehormatan satuan pengamanan. kami anggota satuan pengamanan senantiasa waspada dalam melaksanaan tugas sebagai pengaman dan penertib dilingkungan kerja. kami anggota satuan pengamanan senantiasa bersikap open,dan tidak menganggap remeh sesuatu yang terjadi di lingkungan kerja. kami anggota satuan pengamanan adalah petugas yang tangguh dan senantiasa bersikap etis dalam menegakan peraturan. (Handoko)

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Gerbang News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Berita Apa Yang Anda Sukai?
  Korupsi
  Kriminal

Komentar Terakhir

  • AaronCoott

    wh0cd91735 <a href=http://propranolol2018.us.com/>propranolol</a&g t; ...

    View Article
  • AaronCoott

    wh0cd259503 [url=http://cialisnorx18.us.org/]cialis erection[/url] ...

    View Article
  • CharlesErory

    wh0cd207003 [url=http://xenical18.us.com/]Buy Xenical[/url] ...

    View Article
  • CharlesErory

    wh0cd135504 [url=http://hydrochlorothiazide2018.us.com/]hydrochlorothi azide 12.5 mg ...

    View Article