"PHK Sepihak" Karyawan Bank Danamon Demo Tuntut Dirut Bank Danamon Dicopot

By Team Gerbang 16 Feb 2017, 23:06:45 WIBHiburan

"PHK Sepihak" Karyawan Bank Danamon Demo Tuntut Dirut Bank Danamon Dicopot

Surabaya Gerbangnews.com

Karyawan Danamon yang tergabung dalam Serikat Pekerja (SP) Danamon Dewan Pimpinan Wilayah III Jatim meminta pencopotan Dirut Bank Danamon Sng Seow Wah, Karena melakukan PHK secara sepihak pada ribuan pegawai.

Presiden SP Danamon Abdoel Moedjib mengatakan, Pihaknya telah melakukan komunikasi dengan manajemen Danamon perihal berbagai hak karyawan yang dikurangi atau dihilangkan yang terjadi mulai tahun 2014. Ketika Danamon mulai melakukan program transformasi dengan Dirut Sng Seow Wah, Warga kebangsaan Singapura.
" Dari beberapa pertemuan itu, SP Danamon selalu mengingatkan manajemen agar tidak mengambil tindakan yang merugikan karyawan, Namun tidak digubris. Bahkan, Dalam beberapa kasus kebijakan yang secara langsung menyentuh kesejahteraan karyawan tidak lagi dibicarakan dengan SP Danamon ," tegasnya.

Mulai awal tahun 2014 sejak era Dirut Danamon dijabat Sng Seow Wah, Telah berdampak pada perampingan 10 ribu karyawan. Jumlah seluruh karyawan Danamon di Indonesia mencapai 56 ribu orang, Tapi pada awal tahun 2017 ini tersisa 22 ribu orang.
" Ada 10 ribu orang yang dilakukan PHK secara sepihak, Sedangkan sisanya memang sesuai kesepakatan dengan manajemen. Karyawan seperti bagian Teller, Account Officer dan Collector ketika di-PHK hanya dikirimi lewat SMS dan tanpa diberi pesangon. Kami sudah mengadu ke Menakertrans Hanif Dhakiri dan dimediasi, Tapi tidak ada tindak lanjutnya dari manajemen ," jelasnya.

Dia menjelaskan, Untuk Danamon Jatim berjumlah sekitar 3500 karyawan. Ada 1500 karyawan yang terancam PHK, Hingga saat ini sekitar 600 - 800 karyawan sudah di-PHK.

Serikat Pekerja akan meminta para pemegang saham melalui RUPS agar tidak memperpanjang jabatan Sng Seow Wah, Pihaknya mengaku belum akan melakukan upaya hukum karena prosesnya akan panjang dan berbelit - belit.
" Kami masih melakukan langkah politik menemui Menakertrans, DPR RI dan DPRD Jatim. Kalau langkah politik tidak berhasil, Baru upaya hukum seperti class action ke PHI. Selain itu, Kami pada 9 Maret akan demo besar - besaran di Surabaya dan awal April demo Jakarta ," tuturnya.

Kondisi saat ini, Kesejahteraan karyawan secara gradual dikurangi. Termasuk dalam hal penilaian kinerja yang dinilai tidak lagi menjunjung tinggi nilai - nilai Danamon sendiri yaitu Kejujuran. Ini karena banyak pekerja yang kinerjanya bagus, berprestasi tetapi dinilai buruk sehingga berdampak ribuan karyawan tidak naik gaji dan tidak mendapatkan haknya berupa bonus, lanjut dia.
" Dan yang lebih ironis adalah penilaian buruk tersebut berdampak pada ribuan karyawan ter-PHK secara massal dengan cara - cara terselubung, Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir 10 ribu karyawan ter-PHK. Sementara, Ribuan yang lain menjadi gelisah dan hilang motivasi karena setiap saat bisa menjadi korban PHK maupun penilaian kinerja yang dipaksakan rendah. Anehnya, Recruitment jalan terus. Khususnya prohire yang berbiaya mahal, Padahal belum tentu mampu memberikan kontribusi positif terhadap perusahaan. Ini mencederai pengabdian existing karyawan yang sudah membuktikan loyalitas dan kinerjanya selama bertahun - tahun ," imbuhnya.

Ada sepuluh tuntutan rakyat (Sepultura) Danamon yakni menuntut penghentian PHK massal, Jangan rampok uang cuti, Tolak pengurangan Iuran Dana Pensiun DPLK, Hentikan Training Cara PHK Karyawan, Batalkan COCP, Kembalikan COP + Pilihan, Kembalikan benefit asuransi, Tolak Force Rank /SiPasti, Gabungkan T3K ke dalam gaji, Hentikan praktik perbudakan (lembur/insentif tidak dibayar) dan tolak Outsourcing dan PKWT Danamon. ( Edi )

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Gerbang News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Berita Apa Yang Anda Sukai?
  Korupsi
  Kriminal

Komentar Terakhir

  • SAEPUDIN,SH

    Mantap...!! ...

    View Article
  • free custom assignments online

    This is a very informative article. I am also agree with your post title and your ...

    View Article
  • Jakarta Sewa Mobil

    Memang nih, debt collector kebanyakan ya memang preman-preman semua. Untung aku gak ...

    View Article
  • top essay writing services

    Loved to read your blog. I would like to suggest you that traffic show most people ...

    View Article