"Pembongkaran Rumah Radio Bung Tomo" Aktivis Komunitas Bambu Runcing Surabaya Turun Jalan

By Team Gerbang 22 Mei 2017, 02:03:30 WIBPemerintah

"Pembongkaran Rumah Radio Bung Tomo" Aktivis Komunitas Bambu Runcing Surabaya Turun Jalan

Surabaya Gerbangnews.com

Robohnya Rumah Radio Bung Tomo oleh PT. Jayanata yang sejatinya untuk Galeri Kecantikan, Membakar kembali semangat Arek - Arek Suroboyo untuk memperjuangkan Keadilan. SK Walikota Surabaya No. 188.45/004/402.2.04/1998 bahwa Rumah Radio Bung Tomo merupakan Cagar Budaya yang harus dijaga dan dilestarikan, Justru memantik keprihatinan beberapa aktifis dari 40 Elemen Masyarakat peduli terhadap terbangunnya nilai – nilai nasionalisme yang tergabung didalam Komunitas Bambu Runcing Surabaya ( KBRS ) menggelar Aksi Damai sekaligus Teatrikal mengenang sejarah Pembakar Semangat Perjuangan di Taman Bungkul dalam acara Car Free Day, Minggu (21/05/2017).

Keprihatinan mendalam muncul ketika penghancuran itu terjadi diera kepemimpinan Risma yang diusung oleh PDI Perjuangan yang nota bene punya kewajiban untuk tidak melupakan sejarah sebagaimana pesan Bung Karno, Melalui beberapa aksi dan tuntutan yang ditujukan ke kepolisan sebagai Korwas, Jayanata, Pemkot Surabaya sebagai pihak yang mengeluarkan SK Cagar Budaya. Melalui Penyidik Pegawai Negeri Sipil ( PPNS ) Surabaya dan beberapa dialog yang dilakukan oleh KBRS, Bahwa perobohan itu bisa dikenalan sangsi pelanggaran UU 11 / 2010 tentang pelestarian bangunan cagar budaya. Namun sayangnya PPNS mempunyai pertimbangan sendiri, Lalu menggunakan pasal pelanggaran terhadap perda dan dikenai pelanggaran tipiring yang ancamannya sangat ringan dibandingkan dengan pelanggaran terhadap UU.

Upaya KBRS yang tak pernah henti, Ternyata membuat repot para pihak yang diduga terlibat terhadap proses penghancuran Rumah Radio tersebut. Tuntutan yang diajukan oleh KBRS sebetulnya sederhana, yaitu : Tegakkan proses hukum terhadap semua yang diduga terlibat terhadap penghancuran rumah radio tersebut, Dibeli oleh Pemkot Surabaya, Diminta untuk membangun kembali agar bisa menjadi rumah penanaman nasionalisme dan perjuangan rakyat Surabaya serta difungsikan untuk kepentingan publik.

Melalui pendekatan pelanggaran perda yang dilakukan oleh PPNS, Maka berdasar putusan PN Surabaya No. 1952/Pidana Cepat /2016/PN Surabaya, Jayanata diputus bersalah dengan denda 15 juta subsider 1 bulan penjara serta ada kesanggupan untuk membangun kembali. Namun sayangnya, Bangunan itu masih dimiliki oleh pihak Jayanata.

Kita tidak bisa membayangkan kalau bangunan itu masih dimiliki oleh pihak swasta, Bisa jadi akan terulang kembali penghilangan bangunan – bangunan Cagar Budaya di Surabaya kelak. Kita semua berharap bahwa Surabaya sebagai kota pahlawan agar lebih peduli terhadap bangunan – bangunan yang bernilai nasionalisme, Sehingga menjadi wajar ditengah keputusan yang kurang memuaskan itu KBRS menuntut pemerintah kota Surabaya untuk membeli kembali bangunan itu. Agar kelak bisa menjadi tempat belajar anak – anak Surabaya, disamping juga masih berusaha untuk mendorong kembali kepolisian untuk menggunakan UU 11 / 2010 terhadap penghancur cagar budaya rumah radio Bung Tomo Surabaya.

Aksi ini diakhiri dengan membubuhkan tanda tangan dukungan, Serta pertunjukan Demo Teatrikal yang menggambarkan perjuangan Bung Tomo bersama arek - arek Surabaya mengusir penjajah. ( Arifin )

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Gerbang News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Berita Apa Yang Anda Sukai?
  Korupsi
  Kriminal

Komentar Terakhir

  • SAEPUDIN,SH

    Mantap...!! ...

    View Article
  • free custom assignments online

    This is a very informative article. I am also agree with your post title and your ...

    View Article
  • Jakarta Sewa Mobil

    Memang nih, debt collector kebanyakan ya memang preman-preman semua. Untung aku gak ...

    View Article
  • top essay writing services

    Loved to read your blog. I would like to suggest you that traffic show most people ...

    View Article