"Kasus Pengeroyokan Bakal Dihentikan" Gaga Tri Utomo Minta Proses Hukum Dilanjutkan

By Team Gerbang 06 Apr 2017, 00:49:23 WIBPolrestabes Surabaya

"Kasus Pengeroyokan Bakal Dihentikan" Gaga Tri Utomo Minta Proses Hukum Dilanjutkan

Surabaya Gerbangnews.com

Berdasarkan Laporan Polisi Nomor : STTLP/B/136/II/2017/SPKT/RESTABES SBY tertanggal 21 Februari 2017 pukul 23.30 WIB atas Kasus Pengeroyokan atau Kekerasan Terhadap Anak yang menimpa Gaga Tri Utomo (20 tahun) tinggal dijalan Tuwowo 3-B Buntu Surabaya dan Aris Hidayat (13 tahun) yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar, Patut diduga Proses Hukumnya bakal dihentikan Penyidik Polrestabes Surabaya.

Pasalnya, Kedua korban Gaga dan Aris dipanggil oleh Penyidik melalui saudaranya Juni untuk menandatangani Surat Pernyataan Pencabutan Laporan, Hal ini dijelaskan kedua korban saat usai keluar dari ruangan penyidik Polrestabes Surabaya, Rabu 05 April 2017.

Korban Gaga saat ditemui awak media mengatakan, Tiba - tiba akak saya (Juni) di telephone Penyidik untuk datang ke kantor Polrestabes. Saya tidak tahu apa - apa langsung disodorkan berkas yang harus saya tanda tangani, Tutur Korban Pengeroyokan.
" Saya masuk ruangan penyidik didampingi kakak Juni, Namun kakak Juni tidak diizinkan masuk ke dalam ruangan. Kemudian saya disuruh tanda tangan suatu berkas yang isinya pencabutan laporan, Padahal saya ingin mereka itu di hukum setimpal sesuai apa yang di lakukan kepada saya ” Jelas Gaga Tri Utomo.

Saya juga bingung isi Surat Pernyataan itu banyak, Saya juga tidak bisa apa - apa mas?? Pak Joko bilang tanda - tangan saja, Kamu kan sudah damai dan menerima uang 1,7juta sebagai uang perdamaian dari para keluarga pelaku, Ungkap Korban Penganiayaan.

Waktu terpisah, Menurut pakar hukum Indra Setiawan SH, MH sekaligus wakil dosen di UBHARA mengatakan, ” Proses Hukum tidak bisa dihentikan. Berdamai boleh, Tapi jika proses hukum dihentikan berarti pihak penyidik Polrestabes Surabaya mencoba melawan hukum. Sebab Pasal 170 KUHP dan atau 80 UU No. 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan atau UU No 23 Tahun 2002 Tentang perlindungan anak, Kasus ini bukanlah Delik Biasa. Tapi Delik Aduan dan itu tidak bisa berhenti proses hukumnya, Sebab ancaman hukumannya minimal 5 tahun atau maksimal 9 tahun penjara. walaupun sudah berdamai secara kemanusiaannya, Tetap lanjut proses hukumnya ” Tutur Pakar Hukum Ubhara.

Masih Indra, ” Pemukulan termasuk delik aduan, Artinya hanya bisa diproses apabila ada pengaduan dari pihak korban. Apabila telah terjadi kesepakatan damai, Tetapi pihak korban telah melaporkannya ke pihak yang berwajib (polisi), Maka polisi wajib memproses secara hukum. Namun demikian, Perjanjian kesepakatan damai dapat dijadikan dasar di persidangan untuk bukti atau sebagai pertimbangan hakim yang dapat meringankan hukuman pelaku. Kalaupun Majelis Hakim berpendapat bahwa perjanjian damai itu dapat meringankan pidananya sebagai alasan permintaan maaf, Itu kembali kepada pertimbangan hakimnya dalam memberikan putusan ,” Jelas Indra.

Joko penyidik Polrestabes Surabaya saat dikonfirmasi melalui selulernya mengatakan, Proses hukum perkara penganiayaan oleh beberapa pelaku terhadap korban saudara Gaga Tri Utomo dan Aris Hidayat akan dicabut laporannya dan akan diberhentikan proses hukumnya. Juga akan dilakukan penangguhan tahanan, Tutur Penyidik Polrestabes Surabaya.
” Untuk kasus pengeroyokan, Kedua korban sudah ada surat pencabutan laporan yang dibuat oleh korban saudara Gaga Tri Utomo tanpa ada unsur pemaksaan. Rencananya kita nunggu persetujuan Kapolrestabes Surabaya, Jadi keputusannya ada pada beliau selaku pimpinan ” Jelas Joko Penyidik Polrestabes Surabaya. ( Arifin/Tim )

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Gerbang News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Berita Apa Yang Anda Sukai?
  Korupsi
  Kriminal

Komentar Terakhir

  • SAEPUDIN,SH

    Mantap...!! ...

    View Article
  • free custom assignments online

    This is a very informative article. I am also agree with your post title and your ...

    View Article
  • Jakarta Sewa Mobil

    Memang nih, debt collector kebanyakan ya memang preman-preman semua. Untung aku gak ...

    View Article
  • top essay writing services

    Loved to read your blog. I would like to suggest you that traffic show most people ...

    View Article