ITS Luncurkan Mobil Sapu Angin XI EVO 1

By Team Gerbang 14 Mar 2017, 08:14:15 WIBSejarah

ITS Luncurkan Mobil Sapu Angin XI EVO 1

Surabaya Gerbangnews.com

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Meluncurkan mobil Sapu Angin XI Evo 1 yang merupakan mobil paling hemat energi karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Didepan kantor Dinas Perhubungan dan LLAJ Jawa Timur, tepatnya di Frontage Road Jalan A Yani 268 Surabaya, Minggu (12-03-2017).

Sapu Angin merupakan mobil karya anak bangsa yang tidak kalah dengan negara lain, Dengan mencari inovasi - inovasi baru seperti kendaraan ciptaan anak - anak ITS. Maka akan di produksi secara massal, Dalam hal ini yang diuntungkan adalah Public atau Masyarakat luas. Oleh karena itu, Setiap Inovasi harus dihargai. Sebab, Inovasi merupakan salah satu jalan untuk memberikan kebutuhan dan pelayanan bagi masyarakat.

Mobil yang mampu berhemat 350 - 400 km per 1 liter BBM ini, Akan berlaga pada event internasional di Singapura dan Jepang. Gus Ipul panggilan akrab Saifullah Yusuf mengatakan dengan peluncuran mobil Sapu Angin ini, Maka Jatim melalui ITS bisa membuat inovasi yang berkaitan dengan kepentingan masa depan, tutur Gus Ipul.
" Sebab diperkirakan persediaan bahan baku energi nantinya akan habis, Seperti Oil dan Gas yang menjadi andalan bangsa Indonesia sejak tahun 70 an. Diprediksi 50 tahun kedepan akan berkurang drastis, Maka kita perlu energi - energi terbaru dengan menciptakan inovasi - inovasi ," jelas Saifullah Yusuf.

Dikatakan Gus Ipul, Pemprov Jatim mengajak ITS untuk ikut memberikan solusi - solusi dan memberikan inovasi di bidang teknologi kemudian dapat diproduksi secara massal. Sebagai contoh mobil yang hemat energi Sapu Angin diharapkan bisa menjadi inspirasi oleh pengambil keputusan dalam hal ini Pemerintah. Bulan September 2017, Sapu Angin akan berlaga di Jepang. Mobil ini mempunyai kelebihan hemat energi bila bahan bakarnya berupa 1 liter solar, Maka akan mampu berjalan sepanjang 340 km. Sedangkan jika bahan bakar 1 liter bensin bisa berjalan sepanjang 400 km.

Sebelumnya, Pemprov Jatim juga telah meminta ITS membuat sebuah Grand Desain mobil  masa depan. “ Kami sebelumnya sudah bekerjasama dengan ITS di bidang Riset bikin Grand Desain Transportasi untuk kepentingan Jatim pada 50 - 100 tahun mendatang ," ujar Gus Ipul.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur Wahid Wahyudi yang juga sebagai Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Kelurga Alumni (PW IKA ITS), Mengatakan mobil Sapu Angin X1 Evo 1 yang di buat ITS mampu berjalan selama 100 km/per jam dalam waktu 6 detik dibandingan Mobil Alphard yang memeliki 2400 cc dengan kecepatan 100 km/per jam dalam 11 detik.

Dalam peluncuran Mobil Sapu Angin karya anak ITS ini juga dihadiri mantan Mendiknas Muhammad Nuh, Mantan Ketua IKA ITS Dwi Sucipto, Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana, M.Sc.ES. Ph.D. serta alumni pengurus IKA ITS dan para mahasiswa ITS. ( Supandi )

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Gerbang News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Berita Apa Yang Anda Sukai?
  Korupsi
  Kriminal

Komentar Terakhir

  • Rental Mobil

    Wow,, gelapin 20 mobil rental, canggih amat... udah lihai ini mah. Pengusaha besi ...

    View Article
  • jajaran jasa seo

    Good to know that... I love your site very much. ...

    View Article
  • Harga Speaker Aktif Terbaik

    Harga Speaker Aktif Terbaik ...

    View Article
  • harga speaker aktif murah berkualitas

    harga speaker aktif murah berkualitas ...

    View Article