Gubernur Jatim Bersama Menaker RI Hadiri Upacara Peringatan Bulan K3

By Team Gerbang 13 Jan 2018, 22:09:51 WIBJawa Timur

Gubernur Jatim Bersama Menaker RI Hadiri Upacara Peringatan Bulan K3

Surabaya-Gerbangnews.com

Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo dampingi Menteri Tenaga Kerja/Menaker RI dalam mengikuti upacara Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (12/1/2018).

Untuk pertama kalinya, Upacara Peringatan Bulan K3 dilaksanakan di luar Ibukota Jakarata. Dikesempatan tersebut Pakde Karwo (sapaan akrab Gubernur Jatim) menyampaikan bahwa pendekatan dan prinsip pelaksanaan K3 di Jatim berjalan baik.

Hal ini terjadi karena kerja sama yang baik antara pemerintah dan pelaku industri. Bukan hanya industri besar saja yang melaksanakan K3, industri kecil dan menengahpun juga ikut melaksanakan K3.

" Di Jatim, hampir Zero Accident, karena semuanya diterapkan dengan prinsip kekeluargaan, jelas Pakde Karwo.
 

Pemerintah dalam hal ini mendorong dan memfasilitasi berbagai pihak mulai dari Asosiasi Pengusaha Indonesia/APINDO, serikat pekerja, pemilik industri maupun buruh untuk bersama-sama membahas masalah K3.

" Pembahasannya sendiri secara tripartit, jelentreh Gubernur Jatim.
 
Sementara itu, Menaker M.Hanif Dhakiri yang bertindak sebagai inspektur upacara mengatakan, pemerintah masih memprioritaskan pembangunan infrastruktur diantaranya jalan tol, fasilitas kereta api, jembatan dan fasilitas transportasi baik udara, darat maupun laut. Semua program pemerintah tersebut harus didukung oleh penerapan K3 yang baik dan benar.

Kecelakaan kerja bukan hanya menimbulkan kerugian materi, korban jiwa dan gangguan kesehatan pekerja, tetapi juga dapat mengganggu proses produksi serta merusak lingkungan yang pada akhirnya berdampak pada masyarakat luas.

Kejadian tersebut merupakan dampak dari kurang optimalnya pelaksanaan K3. Berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan, jumlah kecelakaan kerja terus menurun hingga 4,6%.

Selain pemerintah pusat dan daerah, diharapkan para pekerja juga meningkatkan kesadaran dalam melaksanakan K3.

Dalam upacara kali ini, Menaker RI yang didampingi Gubernur Jatim menyerahkan beberapa penghargaan, seperti penghargaan bagi 10 Bupati/Walikota kategori Pembina K3 terbaik tingkat Provinsi Jatim, perusahaan kategori zero accident, sistem managemen K3/SMK3 dan program pencegahan penanggulangan/P2 HIV tingkat Provinsi Jatim.
 
 
Bupati/walikota yang menerima penghargaan K3 terbaik diantaranya Bupati Gresik (peringkat I), Bupati Pasuruan (peringkat II), Bupati Sidoarjo (peringkat III), Walikota Surabaya (peringkat IV), dan Bupati Tuban (peringkat V). Juga, Bupati Lamongan (peringkat VI), Bupati Blitar (peringkat VII), Bupati Mojokerto (peringkat VIII), Bupati Bojonegoro (peringkat IX), dan Walikota Madiun (peringkat X).

Beberapa perusahaan yang menerima penghargaan zero accident diantaranya Kangean Energy Indonesia Ltd Kab. Sumenep, PT. PJB pemeliharaan wilayah timur Kab. Gresik, PT Pelindo III Persero Surabaya, dan PT. PAL Indonesia Surabaya. Untuk kategori SMK3, penghargaan diberikan diantaranya kepada PT. Santos Jaya Abadi, PT. Ittihad Rahmad Utama dan PT. Terminal Peti Kemas, serta kategori P2 HIV/AIDS diantaranya diberikan kepada PT. Petrokimia Gresik dan Rumkital Dr. Ramelan Surabaya. (Syam)

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Gerbang News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Berita Apa Yang Anda Sukai?
  Korupsi
  Kriminal

Komentar Terakhir

  • unblocked games

    Welcome to our website, a free unblocked games portal that allows you access to a ...

    View Article
  • best electric shaver

    sure, extraordinary US navy force. additionally, in his post you have got given a ...

    View Article
  • poker online terpercaya

    Adapun peristiwa itu terjadi, Ketika Korban dan 10 orang temannya mencuri memoto ...

    View Article
  • atap dingin

    betul nih saat nya produksi berjalan lagi. di sekitar saya bahkan banyak pabrik atap ...

    View Article