"Dugaan Jual Beli Pasal" Jaksa Hanya Tuntut 1 Tahun Penjara Bagi Pengedar Narkoba

By Team Gerbang 01 Nov 2017, 16:58:25 WIBPengadilan Negeri Surabaya

"Dugaan Jual Beli Pasal" Jaksa Hanya Tuntut 1 Tahun Penjara Bagi Pengedar Narkoba

Surabaya - Gerbangnews.com

Dugaan Kasus Jual Beli Pasal ataupun Makelar Kasus masih terjadi di kota Surabaya, Hal ini terjadi setelah Jaksa Penuntut hanya menuntut 1 (satu) Tahun Penjara terhadap Farid Ali bin H. Achmad Djati Hasan Pemakai serta Pengedar Sabu - Sabu dan Pil Extacy warga Kedung Mangu Selatan 7 No. 31 Surabaya.

Farid Ali yang merupakan Artis Dangdut Surabaya yang di Tangkap Unit Idik III Satreskoba Polrestabes Surabaya dengan barang bukti 1 (satu) gram Sabu - Sabu, 3 (tiga) Pil Extacy dan 5 (lima) buah Pipet atau Bong.

Dari barang bukti yang sudah dikumpulkan serta Pelaku juga mengakui sebagai Pengedar Narkotika, Seharusnya Farid Ali di Jerat dengan Pasal 112 Ayat (1) Undang - Undang RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika yang berbunyi, " Setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I bukan tanaman, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 4 Tahun dan paling lama 12 Tahun dan pidana denda paling sedikit Rp 800 dan paling banyak Rp 8 miliar. "

Tetapi saat di persidangan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Gusti Putu Karmawan, SH hanya mengenakan Pasal 127 Ayat (1) huruf a UURI No. 35 Tahun 2009 yang ancaman hukumannya minimal 4 Tahun. Bahkan lebih parahnya lagi, JPU hanya menuntut Farid Ali yang merupakan Pengedar Narkotika dengan 1 (satu) Tahun Penjara.

Lebih anehnya lagi, Di lembaran berkas penyidik tidak terdapat Pelaku lain ataupun teman - teman Farid Ali. Tetapi dalam bacaan isi dakwaan, Farid Ali di Tangkap bersama tekan - rekannya. Sudah jelas bahwa JPU merubah dakwaan Farid Ali dari Pengedar menjadi Pemakai Narkotika.

Saat di konfirmasi ke Kasat Reskoba Polrestabes Surabaya, AKBP Ronny menuturkan, Semua berkas sudah kita limpahkan ke Kejaksaan mas. Sekarang itu urusannya Kejaksaan. " Tanyakan saja ke Kejaksaan kenapa kok tuntutannya hanya segitu, " Ujar Kasat Reskoba Polrestabes Surabaya.

Lanjut Kasat Reskoba Polrestabes Surabaya, Tugas kita itu Tangkap, Sidik, Tahap 1 dan 2, Setelah P21 kita serahkan ke Kejaksaan. Salah kalau panjenengan tanya Instansi kita mas, Tegas AKBP Ronny. ( One/Syam )

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Gerbang News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Berita Apa Yang Anda Sukai?
  Korupsi
  Kriminal

Komentar Terakhir

  • Alim Bara

    Prabowo dan Gerindra harus segera membuat gerakan dan sikap tegas atas penghianatan ...

    View Article
  • SAEPUDIN,SH

    Mantap...!! ...

    View Article
  • free custom assignments online

    This is a very informative article. I am also agree with your post title and your ...

    View Article
  • Jakarta Sewa Mobil

    Memang nih, debt collector kebanyakan ya memang preman-preman semua. Untung aku gak ...

    View Article