Debt Collector Kembali Berulah Di Tulungagung, Polisi Tolak Laporan Masyarakat

By Team Gerbang 02 Nov 2017, 10:21:01 WIBPolda Jawa Timur

Debt Collector Kembali Berulah Di Tulungagung, Polisi Tolak Laporan Masyarakat

Tulungagung - Gerbangnews.com

Ulah Debt Collector terus membuat Resah Masyarakat, Aksi Premanisme dengan cara melakukan Perampasan Kendaraan kembali terjadi di wilayah Hukum Polres Tulungagung Jawa Timur. Hal itu menimpa Mesi (30 tahun) warga Asal Desa Tanggul Welahan, Kecamatan Besuki Tulungagung telah menjadi korbannya.

Kasus Perampasan Sepeda Motor ini berawal pada Kamis, (19/10/2017) sekitar pukul  10.00 wib, Mesi (sebutan namanya.red) bersama anak lelakinya berusia 4 Tahun tengah melakukan perjalanan ke rumah saudaranya di Kalidawir dengan maksud Takziah. Namun dalam perjalanan, Tepatnya di Jalan Raya Junjung Kalidawir (depan Balai Desa Junjung) dirinya diikuti oleh 2 orang yang tidak dikenal. Tidak berselang lama, Kedua orang tersebut berteriak dengan nada tinggi sambil menghentikan Sepeda Mesi. Karena difikir Polisi, Wanita ini ketakutan dan akhirnya berhenti.

Anak mesi yang tengah tertidur di gendonganya terbangun dan menangis, Karena kaget dengan teriakan 2 orang tersebut. " Saya di Paksa menyerahkan Kontak, Tapi saya ndak mau. Saya bingung karena anak saya nangis terus dan Uang saya tinggal 7 Ribu, Ndak cukup untuk bayar naik Angkutan, " Terangnya.

Mesi menambahkan, Saat itu dia di Paksa untuk menandatangani selembar kertas yang katanya hanya untuk Bukti Laporan. Setelah itu, Dia di Paksa arah balik, Namun diminta kearah Kota. Dirinya semakin kebingungan dan merasa Takut. " Sambil gendong anak, Saya nuruti kemauanya dan saya dikawal dari belakang terus mas. Saya masih berfikir kalau dia Polisi, " Imbuhnya.

Sesampai di Kota, Tepatnya dekat SMPN 2 Tulungagung, Motor yang dikendarai Mesi bocor. Saat itulah Sepeda Motor Revo AG 3975 diminta dengan dalih mau ditambalkan. " Saya tunggu lama mas. Setelah kembali, Saya diajak jalan lagi dengan tujuan yang belum saya tahu, " Ucap Mesi.

Ternyata dirinya diajak ke Ruko Barat Rumah Sakit lama. Sesampai di lokasi, Mesi dibiarkan sendirian. Tidak lama berselang, Ada petugas yang menyuruh Korban masuk ke Kantor WOM Finance, Tetapi 2 orang yang bersamanya tidak ada. Namun dirinya tahu, Jika motornya ada didalam Kantor.

Karena menunggu lama dan anaknya haus minta susu, Mesi akhirnya pulang sambil menggendong anaknya. Dalam perjalanan, Dirinya minta tolong seorang ibu yang tengah menjemput anaknya pulang sekolah untuk menelepon suaminya.

Selang dua hari, Mesi diantar suami melaporkan kejadian tersebut ke Mapolres Tulungagung. Namun, Petugas Piket Menolak dengan alasan tidak bisa.

Dari kejadian tersebut, Saat ini Mesi terus berjuang mencari Keadilan. Dirinya akan mengirimkan surat kepada Kapolri dan Kapolda untuk mendapatkan Kepastian Hukum. Hal ini dia lakukan, Karena Laporannya di Polres Tulungagung tidak mendapat tanggapan.

Padahal, Sejak 2012, Kementerian Keuangan telah menerbitkan Peraturan yang melarang Leasing untuk menarik secara Paksa kendaraan dari Nasabah yang menunggak pembayaran kredit kendaraan (Peraturan Menteri Keuangan No.130/PMK.010/2012).

Tindakan Leasing melalui Debt Collector yang mengambil secara Paksa kendaraan berikut STNK dan Kunci Motor dapat dikenai Ancaman Pidana. Tindakan tersebut termasuk Jategori Perampasan, Sebagaimana diatur dalam Pasal 368 KUHP. Selain itu, Tindakan tersebut termasuk pelanggaran terhadap HAK Konsumen Pasal 4 Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. ( Red/Syam )

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Gerbang News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Berita Apa Yang Anda Sukai?
  Korupsi
  Kriminal

Komentar Terakhir

  • Harga Speaker Aktif Simbadda

    Harga Speaker Aktif Simbadda ...

    View Article
  • Harga Speaker Murah Bass Mantap

    Harga Speaker Murah Bass Mantap ...

    View Article
  • Harga Speaker Aktif Niko Slank

    Harga Speaker Aktif Niko Slank ...

    View Article
  • Harga Speaker ACR 15

    Harga Speaker ACR 15 ...

    View Article