Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim Berhasil Tangkap Sindikat Driver Taksi Online Order Fiktif

By Team Gerbang 13 Mar 2018, 23:48:36 WIBPolda Jawa Timur

Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim Berhasil Tangkap Sindikat Driver Taksi Online Order Fiktif

Surabaya - Gerbangnews.com

Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jatim akhirnya berhasil mengungkap dan sekaligus tangkap 5 orang tersangka Sindikat driver taksi online yang memasang order fiktif di Surabaya, Selasa (13/03/2018).

Ke-lima orang tersebut diketahui berinisial DCT (35 tahun) warga Genteng, MGH warga Mulyorejo, JS (33 tahun) warga Semarang Jawa Tengah, KDSK (26 tahun) warga Genteng, dan MH (35 tahun) warga Wiyung Surabaya.

Profider aplikasi taksi online Grab yang kerap mengalami kerugian, Lantas melapor ke kepolisian. Sesuai dengan laporan, Sehingga petugas melakukan pelacakan dan menemukan lokasi tersangka.

Menurut Wadirreskrimsus Polda Jatim, AKBP Arman Asmara mengatakan, Modus tersangka ini dengan menggunakan ratusan handphone yang telah terinstal aplikasi taksi online. Mereka mendaftar sebagai driver online secara fiktif, Dengan cara memalsukan KTP dan Kartu Keluarga.

" Dengan akun abal - abal, Mereka membuat atau memesan order fiktif dengan berbagi peran. Tiga tersangka menjalankan aplikasi pengemudi, Sedangkan seorang lainnya menjalankan akun penumpang yang diorder secara fiktif, " Ujarnya.

Sementara satu orang lain, Lanjut Arman, Bertugas sebagai bendahara yang mencairkan bonus trip. Menghindari sanksi suspend, Mereka melakukannya dengan berpindah - pindah lokasi mengendarai tiga mobil.

" Target minimal yang dicapai adalah sehari dengan empat perjalanan. Dengan pencapaian target itu, Para tersangka memperoleh bonus trip berkisar antara Rp 100 ribu - Rp 400 ribu, Yang dalam sehari bisa meraup untung sebesar Rp 2 - 3 juta yang langsung di transfer ke ATM CIMB Niaga oleh aplikator, " Terangnya.

Wadirreskrimsus Polda Jatim, AKBP Arman Asmara menambahkan, Dalam setahun masing - masing tersangka diperkirakan meraup untung Rp 30 juta.

" Selain mengamankan tersangka, Polisi juga menyita ratusan handphone, 3 mobil, buku tabungan, dan ATM Niaga, " Tegasnya.

Para tersangka dijerat Undang-Undang ITE Pasal 370 KUHP dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara. ( Handoko )

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Gerbang News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Berita Apa Yang Anda Sukai?
  Korupsi
  Kriminal

Komentar Terakhir

  • VianorLourn

    eu online online 85d3 online tadalafil precio ...

    View Article
  • Online Lenders

    loans guaranteed approval <a href="https://loansguaranteedapproval.com/">b ad ...

    View Article
  • GOdwins Removals

    I read that Post and got it fine and informative. ...

    View Article
  • AaronCoott

    wh0cd178322 <a href=http://zoloft.team/>sertraline without a prescription</a> ...

    View Article