Budaya Unik " Bobok Bumbung" Tradisi Masyarakat Kroya

By Team Gerbang 19 Feb 2018, 23:44:42 WIBTNI

Budaya Unik " Bobok Bumbung" Tradisi Masyarakat Kroya

Cilacap - Gerbangnews.com

Komadan Koramil 03/Kroya, Kodim 0703/Cilacap, Kapten Inf. Ngadisan ikuti gelar budaya "Bobok Bumbung" berlangsung di Balai Desa Pesanggrahan Jalan Borobudur No. 122 Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap.

" Bobok Bumbung mungkin ini budaya unik yang saat ini hanya ada di Cilacap, Tepatnya di Desa Pesanggrahan Kecamatan Kroya, " Ujar Danramil 03/Krota, Kapten Inf. Ngadisan, Senin (19/02/2018).

Menurut Danramil, Gelar budaya yang digelar masyarakat Kroya ini dalam upaya membiasakan masyarakat membayar PBB tepat waktu. Acara ini sudah menjadi kegiatan rutin sejak tahun 2015, Dalam rangka membiasakan masyarakat membayar PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) tepat waktu.

" Bobok Bumbung merupakan tradisi masyarakat Desa Pesanggrahan. Masyarakat menabung di dalam bumbung bambu untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan, Sehingga pada saatnya akan digunakan, Bumbung itu dibobok, " Tuturnya.

Seperti yang biasa dilakukan oleh nenek moyang dalam menabung sisa uang, Disimpan dalam bumbung. Dengan membiasakan masyarakat menabung di bumbung, Pada saatnya membayar PBB tinggal memboboknya. " Acara Bobok Bumbung PBB sudah diselenggarakan sejak tahun 2015 lalu. Namun untuk tahun 2018 ini lebih meriah lagi, " Ujar Kapten Inf. Ngadisan.

Gelaran Bobok Bumbung PBB tahun 2018 tidak seperti biasanya. Jika sebelumnya acara Bobok Bumbung PBB digelar sehari, Untuk tahun ini selama 4 hari berturut - turut dari tanggal 16 - 19 Februari 2018.  

Dengan agenda kegiatan, Jumat hingga Senin (16-19) digelar Pasar Tiban di Jalab Borobudur Pesanggrahan diikuti sejumlah pedagang setempat ditambah sejumlah stand dari pihak EO. 

Pada hari itu juga diadakan Lomba Mewarnai oleh TK dan PAUD desa Pesanggrahan, Dilanjutkan pentas seni Kuda Lumping (SMB).
Pada hari Sabtu 17 Februari 2018 digelar pentas seni Buncis di  halaman pendopo Balai Desa, dan malam harinya dipentaskan seni Cowong. Pada hari Minggu (18/02/2018), Pagi hari digelar Dolanan Bocah yakni permainan anak - anak Benthik, Genukan dan Gobag Slodor. 

Seni Ebeg atau Kuda Lumping juga dipentaskan dan dilanjutkan gelar Sarasehan Seni Tradisional dengan narasumber dosen ISI Surakarta. Pada malam harinya dipentaskan seni Solawatan (Terbangan). Sedangkan pada puncak acara yakni hari Senin 19 Februari 2018, Kirab Bumbung PBB dengan keliling desa dan prosesi Bobok Bumbung PBB yang diawali oleh Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rahman dengan dilanjutkan pentas seni tradisional. 

Turut hadir dalam gelar budaya Bobok Bumbung kali ini, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rahman, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Cilacap Hj.Tetty Suwarto Pamuji, Camat Kroya Drs. Muhamad Najib, Msi, Danramil 03/Kroya Kapten Inf. Ngadisan, Waka Polsek Kroya Aiptu Tejo, Kades Pesanggrahan Sarjo, serta dikuti Para Kepala UPT Kecamatan Kroya, para Kades se Kecamatan Kroya, para Mahasiswa ISI, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta Masyarakat setempat. ( Sty/Syam )

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Gerbang News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Berita Apa Yang Anda Sukai?
  Korupsi
  Kriminal

Komentar Terakhir

  • AaronCoott

    wh0cd19420 [url=http://azithromycin.us.org/]azithromycin[/url] ...

    View Article
  • MatthewGodNum

    [url=https://forskolinextract.ooo/] forskolin extract[/url] ...

    View Article
  • Fecgrani

    tadalafil tablets <a href="https://www.tokatadres.com/">buy generic viagra ...

    View Article
  • AaronCoott

    wh0cd19420 [url=http://aldactonecheap.us.com/]Aldactone 100[/url] ...

    View Article