"Bisnis Ilegal" Satreskrim Polresta Sidoarjo Gerebek Agen TKW Ilegal

By Team Gerbang 08 Mar 2017, 18:12:19 WIBPolres Sidoarjo

"Bisnis Ilegal" Satreskrim Polresta Sidoarjo Gerebek Agen TKW Ilegal

Sidoarjo Gerbangnews.com

Agen Penyalur Tenaga Kerja Indonesia ke luar negeri secara Ilegal, Selasa (07-03-2017) kemarin ditangkap Anggota Reserses Kriminal Polresta Sidoarjo di Perumahan Graha Juanda. Dalam penangkapan itu, Polisi juga berhasil mengamankan 60 Calon TKW yang akan di salurkan ke Timur Tengah. Mereka juga  dimintai keterangan oleh petugas dari Polresta Sidoarjo.

Para TKW yang berasal dari sejumlah kota di Indonesia seperti Jawa Barat dan Nusa Tenggara Barat ini, Ditemukan polisi berada didalam penampungan ilegal milik agen pengerah tenaga kerja di Perumahan Graha Jalan Raya Juanda, Kecamatan Sedati.

Dilihat dari foto milik salah seorang petugas, Kondisi penampungan ilegal milik Sutoko salah seorang warga Sedati ini sangat memprihatinkan. Para calon TKW hanya ditempatkan dalam ruangan tanpa ada fasilitas memadai.

Para calon TKW ini juga ditampung dengan disewakan di penginapan kelas melati, Selama dalam penampungan para calon TKW ini tidak diberikan pembekalan kemahiran sesuai pekerjaan yang akan dilakukan di Timur Tengah nantinya. Seperti merawat orang tua, Serta keahlian sebagai Pembantu Rumah Tangga.

Menurut Sutoko tersangka, Bisnis sebagai agen pengerah tenaga kerja wanita ke Timur Tengah ini digeluti sejak satu tahun terakhir. Meskipun sudah mengetahui sejak tahun 2011, Pemerintah mengeluarkan kebijakan Emoratorium TKW ke Timur Tengah. Maka dipastikan bisnis pelaku Sutopo merupakan Bisnis Ilegal.

Didepan petugas, Tersangka Sutoko mengaku mendapatkan uang dari calon majikan di Timur Tengah. Perorang calon TKW sebesar Rp 700 ribu, Uang tersebut digunakan untuk keperluan pembiayaan selama di penampungan.

Menurut Wakil Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo AKP Teguh Setiawan mengatakan, Para calon tenaga kerja yang disalurkan di Timur Tengah telah dibiayai keberangkat dan pengurusan paspor serat visa oleh para calon majikannya, tutur Teguh Setiawan.
" Namun keaslian paspor dan visa yang dimiliki para TKW ini akan diselidiki pihak kepolisian, Dan akan berkoordinasi dengan dinas terkait ," jelas Kasatreskrim.

Usai dilakukan pemeriksaan, Para calon TKW ini akan dipulangkan ke kota asal mereka. Sedangkan, Tersangka Sutoko akan dijerat dengan pasal 102 ayat 1, Serta undang - undang nomor 39 tahun 2004 tentang perlindungan tenaga kerja diluar negeri dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun penjara. ( Edi )

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Gerbang News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Berita Apa Yang Anda Sukai?
  Korupsi
  Kriminal

Komentar Terakhir

  • Alim Bara

    Prabowo dan Gerindra harus segera membuat gerakan dan sikap tegas atas penghianatan ...

    View Article
  • SAEPUDIN,SH

    Mantap...!! ...

    View Article
  • free custom assignments online

    This is a very informative article. I am also agree with your post title and your ...

    View Article
  • Jakarta Sewa Mobil

    Memang nih, debt collector kebanyakan ya memang preman-preman semua. Untung aku gak ...

    View Article