Babinsa Koramil Nusawungu Dan Bhabinkamtibmas Amankan Pentas Seni Kuda Lumping

By Team Gerbang 11 Jan 2018, 23:45:36 WIBTNI

Babinsa Koramil Nusawungu Dan Bhabinkamtibmas Amankan Pentas Seni Kuda Lumping

Cilacap - Gerbangnews.com

Dalam rangka Tasyukuran Khitan warga Dusun Rawakembag Rt. 04 Rw. 05 Desa Danasri Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap Wadirin menggelar pentas seni kuda lumping, Kamis (11/01/2018).

Kuda Lumping adalah salah satu kesenian tradisional Jawa yang menggambarkan sekelompok Prajurit penunggang kuda. Kuda yang digunakan dalam tarian ini bukanlah kuda sungguhan, Namun kuda yang terbuat dari bambu yang di anyam dan dibentuk serta dihiasi menyerupai kuda. Tarian ini sangat populer di masyarakat Jawa Tengah dan sekitarnya.

Terlepas dari asal usul dan nilai historisnya, Tari kuda lumping merefleksikan semangat heroisme dan aspek kemiliteran sebuah pasukan berkuda atau kavaleri. Hal ini terlihat dari gerakan -
 gerakan ritmis, dinamis, dan agresif, melalui kibasan anyaman bambu, Menirukan gerakan layaknya seekor kuda di tengah peperangan.

Seringkali dalam pertunjukan tari kuda lumping, Juga menampilkan atraksi yang mempertontonkan kekuatan supranatural berbau magis, Seperti atraksi mengunyah kaca, Menyayat lengan dengan golok, Membakar diri, Berjalan di atas pecahan kaca, dan lain - lain. Mungkin, Atraksi ini merefleksikan kekuatan supranatural yang pada zaman dahulu berkembang di lingkungan Kerajaan Jawa dan merupakan aspek non militer yang dipergunakan untuk melawan pasukan Belanda.

Sebelum kegiatan dimulai terlebih dahulu pemberian sambutan oleh Babinsa Koramil 05/Nusawungu Serka Mustika yang menyampaikan, Mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh penonton dan menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama acara berlangsung, Ujarnya.

" Dimohon kepada warga untuk saling membantu keamanan selama acara berlangsung untuk mengantisipasi hal - hal yang tidak diinginkan. Kegiatan berlangsung tertib aman dan lancar, " Tambahnya Babinsa ketika memberkan sambutan.

Telihat dalam kegiatan tersebut dari Babinsa Serka Mustika, Sertu Tusari, Serda Kiswan, serta Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Nusawungu Aiptu Andi, dibantu Linmas setempat untuk mengamankan pentas seni kuda lumping. ( S/Syam )

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Gerbang News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Berita Apa Yang Anda Sukai?
  Korupsi
  Kriminal

Komentar Terakhir

  • Jasa Bangun Rumah

    Infonya sangat berguna bagi kami, Thank you. https://jasaseo.website | ...

    View Article
  • videomate

    vidmet and videomate is completely free to use. It makes its money from ...

    View Article
  • Adi Himawan

    Wartawan sekarang banyak ulahnya, dimana ujung-ujungnya minta "uang saku", ...

    View Article
  • Dekha

    Redaksi yang terhormat, kalau bisa foto bayi-nya jangan di ekspos, saya sebagai orang ...

    View Article