6 Anggota Komplotan Preman " Sakram " Digulung Subdit III Jatanras Polda Jatim

By Team Gerbang 21 Mei 2018, 20:11:32 WIBPolda Jawa Timur

6 Anggota Komplotan Preman " Sakram " Digulung Subdit III Jatanras Polda Jatim

Surabaya - Gerbangnews.com

Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim berhasil menggulung enam tersangka dalam komplotan premanisme " Sakram " yang melakukan pemerasan kepada perusahaan di bidang jasa pengangkutan barang antar kota - antar provinsi, Senin (21/5/2018).

Modusnya, komplotan tersebut meminta uang upeti kepada perusahaan hingga jutaan rupiah, sebagai tanda jasa keamanan bagi kendaraan truk yang melintas di area yang di klaim sebagai kekuasaan Sakram.

Keenam tersangka yakni berinisial IM, yang merupakan otak dari kejahatan premanisme, dan kelima anggotanya, Bejo, Kopral, BB, As dan Dww.

Tidak seperti preman biasanya, komplotan preman tersebut, terbilang cukup rapi, dan sudah terorganisir. Karena saat beraksi, mereka tak lagi menggunakan cara kejahatan konvensional. Setiap perusahaan yang telah menjadi target, wajib menyetor uang hingga mencapai jutaan rupiah per bulan dengan cara mentransfer ke rekening pelaku.

Jika kendaraan yang sudah tertempel dengan stiker kode Sakram, maka kendaraan tersebut aman saat melintas di jalur kelompok ini beraksi. Celakanya jika kendaraan tersebut belum tertempel stiker, maka pelaku tak segan merusak kendaraan korban. 

" Tercatat, area kejahatan komplotan ini cukup luas, dari pulau Jawa hingga ke Pulau Sumatera. Namun, mereka biasa beraksi di jalur pantura, seperti Ngoro Mojokerto dan Pasuruan selama lima tahun belakangan ini," Kata Wadireskrimum Polda Jatim.

Dari pengungkapan komplotan ini, polisi berhasil menyita barang bukti berupa, sejumlah buku rekening dan atm milik pelaku, hp, stiker sakram serta dua unit motor operasional pelaku. 

" Subdit III Jatanras terus memburu para pelaku dalam jaringan ini. Karena kuat dugaan, masih banyak pelakunya yang berkeliaran yang sangat meresahkan Masyarakat," Tegas AKBP Juda Nusa Putra. (Pri)

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Gerbang News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Berita Apa Yang Anda Sukai?
  Korupsi
  Kriminal

Komentar Terakhir

  • unblocked games

    Welcome to our website, a free unblocked games portal that allows you access to a ...

    View Article
  • best electric shaver

    sure, extraordinary US navy force. additionally, in his post you have got given a ...

    View Article
  • poker online terpercaya

    Adapun peristiwa itu terjadi, Ketika Korban dan 10 orang temannya mencuri memoto ...

    View Article
  • atap dingin

    betul nih saat nya produksi berjalan lagi. di sekitar saya bahkan banyak pabrik atap ...

    View Article